Home Usaha 10 Bisnis Online Menjanjikan Untuk Pemula

10 Bisnis Online Menjanjikan Untuk Pemula

by

Menjalankan bisnis online saat ini banyak diminati oleh generasi milenial, karena memang menjanjikan. Walaupun ketika terjun langsung dalam dunia bisnis online kita tetap harus survive untuk mendapatkan untung seperti riset produk atau strategi pemasarannya.

Bisnis online yang menjanjikan sering menjadi pertanyaan bagi pemula. Inginnya agar cepat mendapatkan profit yang besar dan menguntungkan, yang bisa dijalankan dengan mudah. Tapi pada kenyataanya, menjalankan bisnis online juga sedikit memerlukan effort yang besar.

Namun, untuk meminimalisir kerugian, boncos, atau hanya balik modal kita harus mengerti bisnis online apa yang menjanjikan. Dan beruntungnya anda berada pada tempat yang benar, karena kini ada bisnis online yang sangat direkomendasikan dengan modal minim dan bahkan ada yang tanpa modal.

1. Jasa Desain

Keahlian desain di Indonesia memang tidak dihargai, bahkan ketika untuk desain karikatur pernah ada kisah di Facebook yang hanya dihargai 10 ribu rupiah. Memang sangat parah sekali bila melihat orang-orang menawar skill kita dengan harga murah padahal membutuhkan proses yang panjang untuk membuatnya.

Tapi, tidak perlu khawatir karena masih ada pasar dunia yang memberikan harga mahal untuk desain yang kita kerjakan. Bahkan, bila pekerjaan anda bagus orang yang menyewa jasa anda bakalan memberikan tips buat anda.

Dimana tempat yang bagus untuk jasa desain?

Situs web seperti Fiverr, Upwork, Freelancer, 99designs bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menawarkan jasa desain anda.

2. Web programming

Bidang ini tidak banyak orang yang suka karena membutuhkan keahlian logika dan imajinasi yang tinggi. Keahlian menggabungkan syntax programming juga diperlukan.

Ini sangat cocok bila anda adalah orang-orang yang suka dengan tantangan untuk mempelajari dunia teknologi. Khususnya dunia website, disini anda dapat mengembangkan skill mendevelop sebuah website.

Bisnis web sangat cocok untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman menjadi programmer di perusahaan.

Meskipun, jika sekarang anda tidak bisa mempelajari pemrograman dapat berlatih mulai sekarang.

3. Internet marketing & social media

Anda pasti pernah melihat sebuah fanspage yang mana setiap ada orang komen di fanspage tersebut ada yang membalasnya. Bidang ini merupakan pengelolaan media soal dan marketing, kita akan bekerja di depan laptop untuk menanggapi pertanyaan customer.

Dalam bidang ini sangat mudah sekali bila kalian menguasai sosial media yang ada. Bergantung juga pada produk apa yang anda kerjakan. Misalnya bila anda sedang berurusan dengan produk kosmetik tentu harus tau apa kelebihan produk yang sedang anda pegang.

Memang tidak banyak orang yang mendapatkan pekerjaan ini, biasanya pekerjaan ini ditawarkan oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkan. Anda bisa mencari bidang ini di Projects.co.id, yang merupakan situs freelancer Indonesia.

4. Mobile programming

Selain ada web programming untuk sekarang yang banyak diminati adalah dapat membuat aplikasi untuk mobile. Biasanya adalah aplikasi untuk OS Android, bila anda menguasai bahasa pemrograman seperti Java, Kotlin, Python, Golang, dll.

Jenis pekerjaan ini mungkin tidak cocok untuk wanita, karena harus berurusan dengan banyak sekali kode-kode rumit.

Buat anda yang baru lulus dari kuliah tidak ada salahnya bila pandai membuat aplikasi android untuk terjun kedalam bisnis online ini. Anda bisa membuka jasa pembuatan android, atau hanya untuk menambah fitur yang belum ada di dalam sebuah aplikasi.

5. Pengisi suara Youtube

Memang tidak semua orang membutuhkan tim untuk mengisi suara dalam channel Youtube mereka. Tetapi jika teman-teman memiliki suara yang bagus dan juga lantang berbicara dalam bahasa Inggris atau Indonesia dapat mencoba pekerjaan ini.

Mengisi suara dalam bidang channel Youtube dapat memberikan anda tambahan pemasukan ekonomi. Untuk mendapatkan pekerjaan ini anda bisa menawarkan jasa, dimana tempatnya?

Bisa bergabung di dalam grup Facebook yang disana tempatnya para Youtuber. Caranya sangat mudah, hanya perlu menawarkan kerja sama pada seseorang yang membutuhkan pengisi suara.

6. Data entry

Pekerjaan ini sangat cocok untuk dilakukan oleh wanita. Ya, meskipun juga bisa dilakukan oleh laki-laki juga. Pilihan bila anda merupakan seorang mahasiswa bisa mencoba bisnis online data entry.

Dimana tempat yang bisa menerima pekerjaan ini?

Tentu teman-teman di sini harus tau tempat untuk memulai bekerja dalam bidang data entry. Kunjungi saja situs Fiverr atau Upwork yang merupakan situs freelance terbesar di dunia. Ini dapat menambah pemasukan bila anda seorang karyawan atau yang bahkan masih mencari pekerjaan.

7. Jasa endorse

Bukan sebuah hal yang aneh, sekarang ini banyak sekali jasa endorse di kalangan artis dan selebgram. Tak tanggung-tanggung ada selebgram yang mampu mengantongi uang 50 juta tiap bulan hanya dengan endorse.

Tentunya anda harus memiliki follower yang banyak, 500 ribu atau 1 juta follower.

Ini sangat cocok sekali untuk anda wanita yang berparas cantik, karena hampir semua yang terlihat di Instagram wanita yang memiliki wajah cantik akan mudah mendapatkan follower.

8. Jualan online

Terakhir bidang yang sangat banyak diminati untuk bisnis online adalah jualan online. Anda bisa mencoba dropship bila tidak memiliki produk untuk dijual. Pastinya untuk bisnis ini memerlukan cukup modal juga, berbeda dengan usaha jasa yang hanya perlu menggunakan skill manusia untuk mendapatkan uang.

Jualan online bisa di Marketplace, Sosial Media, atau bahkan online video sharing seperti Youtube dan Tiktok.

Untuk bisa berjualan online anda harus memiliki strategi bisnis online yang benar seperti riset produk, perhitungan margin, perhitungan ongkir, dan yang lainnya. Ini akan sangat panjang sekali bila dibahas satu persatu, karena dalam bisnis online menggunakan platform berbeda strateginya juga berbeda.

Kesimpulan

Jadi bila anda memiliki skill mendesain, koding, atau pandai dalam sales bisa mencoba jenis bisnis online yang ada diatas. Ini merupakan bisnis online yang menjanjikan untuk pemula yang tidak banyak membutuhkan modal.

Tips dalam menjalankan bisnis online adalah melihat kemampuan apa yang anda miliki terlebih dahulu. Kemudian dapat menekuninya secara perlahan hingga dapat feelingnya untuk terus berkarya dalam bidang tersebut.

Related Articles

Leave a Comment