8 Contoh Industri Kecil Menengah Untuk Memulai Usaha

Industri kecil menengah kini banyak di lirik oleh pemerintah, perhatian pemerintah daerah atau pemerintah pusat saat ini untuk memajukan industri kecil yang ingin berkembang. Salah satu untuk meningkatkannya mutu industri kecil ialah dengan bantuan modal.

Namun, tidak semua industri akan mendapatkan bantuan tersebut, karena pemerintah harus memilih industri mana yang memiliki potensi.

Kini ada banyak sekali industri yang menarik untuk dijalankan mulai dari makan, olahan kayu, kain, dan yang lainnya. Nah, dari banyaknya yang ada memang sulit untuk kita dapat menemukan yang paling potensial.

Tapi, mungkin anda akan tertarik dengan industri yang tidak ada matinya yang bahkan bisa diekspor ke luar negeri. Berikut ini kami rangkum beberapa industri kecil menengah yang bisa anda coba jalankan.

Contoh industri kecil menengah:

1. Industri tas rotan

Industri Tas Rotan

Tas rotan menjadi trend tersendiri bagi kalangan wisatawan. Biasanya banyak dijual di Bali, Jogja, Bandung, dan daerah yang memiliki keunikan / khas untuk di kunci wisatawan asing.

Industri rotan memang tidak hanya bisa dibuat tas saja, melainkan ada banyak sekali kerajinan dari rotan yang bisa dibuat. Misalnya bingkai cermin, kursi rotan, meja, dan masih banyak yang lainnya.

Untuk bisa berkecimpung dalam industri rotan anda harus memiliki pengalaman yang bagus. Baik dalam pembuatan maupun pemasaran, sehingga tidak macet industri yang anda kerjakan.

2. Industri kecil pembuatan mebel

Industri kecil pembuatan mebel

Industri mebel di Indonesia memiliki potensi yang tinggi karena didukung dengan bahan baku yang berkualitas dan pengrajin handal.

Melihat potensi yang tinggi dari pembangunan rumah, kantor, dan gedung menunjukkan bahwa masih banyak sekali peluang untuk menjalankan industri ini. Tidak seperti industri yang berbasis teknologi, misalnya yang ramai dahulu adalah warnet kini tergerus dengan arus gadget yang tinggi sehingga warnet banyak yang tutup.

Tentunya untuk mampu bersaing dalam industri mebel anda harus memiliki SDM yang mampu berinovasi, kreatif, dan terampil, sehingga dapat membuat mebel yang fashionable dan lifestyle.

3. Industri tempe

Industri tempe

Biasa disebut dengan home industry, yang merupakan industri rumahan yang dilakukan oleh perseorangan.

Industri tempe yang dianggap sepele oleh banyak orang, memiliki potensi yang besar dikarenakan tempe menjadi lauk pokok setiap hari. Jadi bisa dikatakan bahwa tempe merupakan sektor industri yang menjanjikan.

Selain itu tempe juga dapat dijadikan cemilan ringan seperti halnya oleh-oleh khas tempe Malang, Jawa Timur.

4. Industri pembuatan tahu

Industri pembuatan tahu

Tahu dan tempe merupakan bahan pangan yang banyak disukai masyarakat sebagai pengganti jika tidak ada ayam.

Selain tempe ternyata ada peluang usaha menjanjikan yang sangat menjanjikan di sektor makanan. Usaha tahu dapat anda kembangkan menjadi sesuatu yang menarik, misalnya jika tahu dijual mentahan saja itu sangat tidak menarik.

Bagaimana jika anda menjual tahu krispi atau tahu isi pentol, ini akan membuka peluang industri yang sangat menarik.

Modalnya juga tidak banyak untuk membangun industri ini

5. Industri poci / Teko air

Industri Poci (Teko Air)

Kerajinan teko / poci air juga sangat menarik untuk dijalankan. Beberapa pengrajin juga sudah mencapai pasar internasional, biasanya dikirim ke Singapura dan Australia.

Sektor ini mungkin sedikit berat jika untuk pemula, karena harus tahu pasar mana yang banyak membutuhkan dari segmen tersebut. Dibutuhkan riset pasar yang terampil ketika memutuskan akan mencoba terjun ke dalam bisnis ini.

Namun jika masih merintis tidak ada salahnya untuk menarget pada kota terdekat saja yang memiliki daya beli tinggi.

6. Industri sablon kaos

Industri sablon kaos

Sablon kaos / distro kaos juga memiliki potensi yang sangat besar, meskipun sedikit harus pandai-pandai untuk membuat inovasi terbaru dari kaos tersebut.

Tidak hanya penampilan / desain kaos saja, bahan yang digunakan juga mempengaruhi daya beli pelanggan. Karena selain desain kaos yang unik pelanggan akan mempertimbangkan bahan yang digunakan untuk pembuatan kaos. Industri ini banyak di daerah Bandung, jika anda berada di daerah lain tidak ada salahnya terjun dalam industri ini.

7. Industri keripik pare

Industri keripik pare

Sedikit ini memang, karena pare yang memiliki rasa pahit dapat dibuat sebagai keripik. Ini merupakan langkah dalam membuat kreativitas baru dalam industri makanan ringan. Seperti halnya yang dilakukan home industry di Ngawi, bisnis ini bisa sampai keluar negeri.

Padahal  sebelumnya belum ada yang tertarik untuk mencoba menjalankan usaha ini, sekarang banyak dari home industry yang mencoba melirik usaha keripik pare. Pastinya anda harus tahu bagaimana pengolahan pare yang baik dan benar agar rasanya tidak pahit ketika dirasakan oleh pelanggan.

8. Industri kerupuk

Industri kerupuk

Beberapa orang memang menganggap sepele jualan kerupuk karena dianggap tidak ada untungnya. Padahal usaha ini mampu mencapai omset jutaan dalam sebulan. Tidak hanya bualan saja, sudah sering sekali home industri kerupuk masuk dalam channel Youtube.

Seperti yang dilakukan Ramani seorang ibu yang berhasil memiliki omset hingga 400 juta setiap bulan hanya berjualan kerupuk jangek dari Sumatera Barat. Luar biasanya mereka yang menjalankan industri kecil ini dapat meraup keuntungan berlimpah. Inilah kenapa kerupuk masih menjadi daya tarik pebisnis makanan.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi industry lainnya yang memiliki potensi untuk dijalankan. Jika anda memutuskan untuk memulai usaha untuk disarankan menekuni dari hobi terlebih dahulu. Ini agar tidak terjadi perlawanan antara pikiran dan tindakan, sehingga anda bisa dengan nyaman menjalani pekerjaan yang anda lakukan. Misalnya anda memiliki pengalaman untuk membuat obat tradisional, maka bisa membangun industri kecil obat tradisional.

Leave a Comment