Home Bisnis 10 Contoh UMKM Bidang Fashion Omset 100 Juta Tiap Bulan

10 Contoh UMKM Bidang Fashion Omset 100 Juta Tiap Bulan

by

Menjalankan usaha umkm di bidang fashion setiap tahun menjadi salah satu aset yang menarik untuk memulai usaha, selain usaha umkm kuliner. Dalam banyak kasus untuk bidang fashion lebih dominan menjual kembali, atau biasa disebut dengan distributor atau seller.

Berbeda dengan produsen yang merupakan pembuat produk umkm tersebut, menjadi distributor / seller dapat lebih mudah meraup untung yang tentunya dibarengi dengan strategi pemasaran yang tepat.

Jika ditelisik satu persatu ada ratusan contoh umkm bidang fashion yang menjanjikan. Namun, di umkm tersebut sudah terlalu banyak orang yang menjalankannya. Jadi untuk mengurangi pesaing dalam menjalankan usaha, anda harus meriset dengan benar produk apa yang memiliki pesaing sedikit dan produk tersebut banyak dicari orang.

Fashion yang menjadi salah satu trends baik kalangan muda atau tua, dan baik perempuan atau laki-laki semuanya tertarik untuk ikut trend terupdate. Jadi ini tidak menutup kemungkinan untuk ujuk gigi dalam memulai usaha.

Contoh UMKM Bidang Fashion

Berikut ini 10 contoh UMKM Bidang Fashion:

1. Jam Tangan

Usaha jam tangan dengan modal 10 jutaan sudah bisa mendapatkan untung yang melimpah. Apalagi jika anda memiliki target pasar yang strategis dimana tempat yang anda jadikan usaha sangat potensial karena banyaknya orang yang berlalu lalang.

Selain anda harus jago jualan, anda harus memiliki kemampuan untuk service jam tangan. Tentu ini bukan hal yang biasa, anda harus melewati tahap latihan untuk menjadi bos. Nah, jika anda tidak tahu harus bagaimana, bisa menjadi asisten terlebih dahulu disebuah toko jam.

2. Kacamata

Kacamata menjadi salah satu trends fashion yang tidak ketinggalan. Baik kacamata gaya atau kacamata kesehatan (plus-minus), semua memiliki peran sendiri dimana selain menjadi trends juga bisa menjadi obat untuk yang matanya rusak.

Nah, anda yang tertarik untuk berjualan kacamata tidak ada salahnya terjun dalam usaha ini. Ya, meskipun tidak setiap orang membutuhkan kacamata tapi anda harus memiliki strategi dalam berjualan apapun.

3. Baju dan Celana

Fashion tidak akan asik bila tidak jualan baju dan celana. Hampir semua orang membutuhkan pakaian, apalagi anak muda yang suka dengan fashion. Bila anda memiliki modal yang cukup berjualan pakaian ini tidak membutuhkan modal yang banyak, kurang lebih 2 juta saja anda bisa langsung memasan 1 lusin kaos dan celana.

Apakah ini masih menjanjikan?

Tentu saja, admin sendiri menulis ini karena juga masih menggeluti dunia berjualan pakaian.

4. Baju Muslim

Baju muslim sedikit terkesan musiman, kalau tidak lebaran (hari raya idul fitri) orang-orang khususnya di Indonesia sangat jarang membeli baju muslim.

Nah, ini bisa menjadi inisiatif ketika anda berjualan pakaian, lalu membeli sedikit barang dan menjualnya untuk mendapatkan untung di bulan ramadhan.

5. Tas Wanita

Wanita mana yang tidak gonta-ganti tas, kebanyakan dari mereka ingin selalu tampil perfect dengan memakai tas yang mahal. Harga tas wanita sekitar 500 ribu – 1 jutaan, dengan kualitas yang lumayan, namun ada juga yang jutaan.

Nah, kalau tidak memiliki cukup modal anda bisa menjajah pada ranah 500 ribuan saja, meskipun jika anda memiliki modal yang gede lebih baik terjun pada rank untuk wanita ekonomi. Kecuali, jika anda ingin menyasar wanita elite berarti harus menyiapkan modal miliaran rupiah.

6. Sepatu pria dan wanita

Baik wanita dan pria akan tertarik dengan sepatu, karena kebanyakan laki-laki akan terlihat keren jika memakai sepatu bagus. Dari pernyataan inilah, anda harus dengan segera terjun berjualan sepatu karena target market sepatu sangat luas.

Terlebih lagi sepatu wanita yang lebih banyak fashionnya, ini tidak menutup pintu anda untuk menjalankan usaha karena target market sudah sangat potensial.

7. Jaket / Hoodie

Untuk jaket masih relatif karena tidak semua orang membutuhkan jaket untuk gonta-ganti. Bahkan jaket yang umurnya 5 tahun masih sering dipakai. Nah, kembali lagi pada mindset bisnis anda, karena semua ada resiko dalam menjalankan usaha.

Pasar yang cocok untuk usaha ini di tempat yang ramai tentunya, anda bisa berjualan di mall dengan menyewa space untuk mendirikan stand.

8. Baju Batik

Saat ini di Indonesia baik ranah pendidikan dan ranah kerja memakai batik sebagai simbol untuk negara Indonesia pemilik batik di seluruh dunia. Batik memiliki potensi tinggi baik ketika di export maupun dijual di dalam negeri.

Batik sendiri memiliki ragam motif yang banyak, mulai dari batik Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan lain sebagainya. Ini menjadi tanda bahwa pasar batik tidak akan ada matinya sampai kapanpun, tapi persaingan yang akan semakin banyak. Untuk mensiasati itu anda harus pandai dalam melakukan marketing supaya usaha yang anda jalani tetap stabil.

9. Tata rias

Fashion tata rias untuk perkawinan, film, atau bahkan salon juga masih memiliki pasar tersendiri. Meskipun untuk tata rias memiliki musim tersendiri, anda bisa menjadikan ini sebagai garis hobi yang layak untuk dipertimbangkan.

Bila anda pandai merias wajah tidak ada salahnya untuk membuka salon tata rias.

10. Jilbab

Berjualan jilbab tidak akan ada matinya. Di jaman modern ini jilbab merupakan fashion, banyak wanita yang menjadikan jilbab bukan sebagai penutup aurat melainkan sebagai fashion. Ini bisa menjadi target buat anda yang memiliki mindset bisnis / wirausahawan.

Banyak sekali kisah sukses hanya dengan berjualan jilbab loh, dia hanya memasarkan lewat sosmed saja. Dan omset yang didapatkan bisa mencapai puluhan juta setiap bulan.

Kesimpulan

Dalam menjalankan usaha harus tetap tekun karena jika anda tidak tekun untuk meraih setiap tujuan, yang ada hanyalah angan-angan.

Tunggu apa lagi, sekaranglah anda harus segera action untuk menggapai cita-cita menjadi seorang pengusaha.

Related Articles

Leave a Comment