Home Bisnis 15 Contoh UMKM di Bidang Jasa yang Menguntungkan Setiap Tahun

15 Contoh UMKM di Bidang Jasa yang Menguntungkan Setiap Tahun

by

Menjalankan UMKM di bidang jasa memiliki kemudahan jika dibandingkan dengan menjalankan UMKM di bidang yang lainnya. Tidak membutuhkan modal yang banyak untuk menemukan harapan usaha di bidang jasa, karena jasa ditentukan dari kualitas layanan yang anda berikan.

Jika jasa perseorangan berarti anda sendiri yang harus memberikan layanan terbaik, namun jika sebuah corporate tentu ini menyangkut banyak pihak, kualitas dukungan dalam perusahaan anda menentukan segalanya. Baik itu layanan eksternal dan internal untuk sebuah perusahaan dituntut lebih maksimal dibandingkan dengan perseorangan.

Contoh UMKM Di Bidang Jasa

Dan berikut ini beberapa contoh UMKM di bidang jasa yang bisa anda coba.

Contoh UMKM Di Bidang Jasa:

1. Barbershop

Barbershop tidak hanya pangkas rambut biasa, melainkan pelanggan harus memperoleh sebuah gaya rambut yang modern. Karena jika dibandingkan dengan pangkas rambut yang biasanya, Barbershop memiliki kelebihan seperti mencuci rambut sebelum pangkas, selain itu ada layanan shaving (mencukur kumis dan janggut).

Jika anda tertarik dengan Barbershop bisa lanjut membuka usaha ini, tapi anda harus mempekerjakan orang dan mengeluarkan modal. Namun, jika anda ahli dalam urusan potong rambut tidak masalah untuk segera terjun dalam bidang jasa ini.

2. Jasa Desain

Dalam era digital saat ini, jasa desain sering dipakai oleh banyak orang. Misalnya desain foto untuk percetakan, desain gambar untuk sablon kaos, desain video, dan masih banyak lagi. Enaknya dalam menggeluti dunia desain anda hanya perlu skill mendesain dan sebuah komputer. Tidak perlu repot-repot harus berurusan dengan banyak orang, dan ini bisa dilakukan secara daring loh.

Ada banyak sekali bidangnya untuk jasa desain, misalnya desain video, foto dan bahkan mendesain web bisa dijadikan jasa.

3. Les Private

Jika anda menguasai sebuah keahlian tertentu misalnya memasak, matematika, bahasa inggris, programmer, tidak ada salahnya untuk menawarkan private les kepada mereka yang ingin tahu lebih lanjut tentang hal tersebut.

Ini sebuah peluang usaha yang banyak dijalankan di era modern saat ini. Bahkan startup saat ini berlomba-lomba untuk membuka private khusus di bidang tertentu, karena pembelajaran di sekolah tidak terlalu efektif untuk pekerjaan.

4. Menjahit

Meskipun kadang menjahit dianggap sepele oleh banyak orang, namun menjahit sejak dahulu juga banyak sekali yang membutuhkan. Untuk UMKM yang satu ini anda harus merintis lebih lama jika dibandingkan dengan UMKM yang lain.

Istilah dalam bisnis yang tidak boleh anda tinggalkan adalah branding, karena ini strategi murni jika anda ingin sukses dalam UMKM menjahit. Dengan membuat nama anda terkenal terlebih dahulu, yang kemudian bisa lanjut pada tahap berikutnya pada sistem bisnis perusahaan dan bukan perseorangan lagi.

Ya, walaupun itu membutuhkan proses yang panjang juga.

5. Jasa Transportasi

Jasa transportasi ini bisa mengarah ke jasa kendaraan umum antar kota. Masalah yang sering dihadapi ketika memutuskan terjun pada jasa ini, resiko jalanan terjadi kecelakaan.

Ya, namanya pekerjaan pasti banyak resiko yang harus dihadapi.

Jika memiliki modal yang banyak bisa saingan sama JNE, J&T, POS, dan lainnya. Ini juga termasuk dalam jasa transportasi, logistic.

6. Servis Kendaraan Bermotor

Untuk yang satu ini tentu anda harus memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Karena jika service anda tidak bagus, biasanya orang tidak akan kembali ke tempat anda. Cocok sekali untuk orang yang sudah ada minat dalam dunia mesin motor.

Jasa ini selalu dibutuhkan baik di area kota atau desa, jadi tidak perlu khawatir untuk tidak laku jasanya.

7. Konsultan bisnis

Tidak diberitahu pun ketika anda sudah dalam posisi menggeluti dunia bisnis, anda tidak mungkin membaca artikel ini. Karena jika anda memiliki otak bisnis, keahlian anda sudah tersalurkan dengan sangat tepat.

Karena jika menyakut dalam bidang konsultan anda sudah pasti ahli dalam bidang tersebut.

8. Konsultan perbankan

Tidak jauh berbeda dengan konsultan bisnis, konsultan perbankan juga harus ahli dalam bidang perbankan. Mungkin anda seorang spesialis yang sudah menggeluti dunia perbankan 25 tahun, kemudian resign dan ingin merubah jalur ke ranah yang lain. Dan ini bisa dijadikan hobi saja, lalu menggeluti dunia usaha real.

9. Konsultan Cinta

Untuk konsultan cinta ini masih sedikit, karena yang biasanya tahu soal cinta-cintaan itu cewek. Jadi jika anda seperti Merry Riana yang dulunya seseorang proaktif di bidang bisnis, kini ia sudah mencoba terjun untuk menjaring dunia percintaan.

Pastinya anda harus membuat nama anda terkenal dan memiliki banyak pengikut, jika anda tidak memiliki follower tentu saja anda akan susah untuk membuat nama anda terkenal. Ketika orang sudah terkenal, bacotan saja sudah bisa jadi uang.

10. Pemborong Infrastruktur

Jasa ini mirip seperti makelar properti, nah tugasnya bagaimana? Anda memborong harga pada seseorang, kemudian mencari keuntungan lewat kuli yang anda sewa. Bisnis ini sangat menggiurkan karena untuk sebuah infrastruktur uang yang harus digelontorkan tidak hanya 1 juta, melainkan miliaran rupiah.

Namun, untuk bisnis ini banyak sekali resikonya. Anda diwajibkan untuk benar-benar mengerti seluk-beluk sebuah infrastruktur. Jika tidak demikian, anda bisa tertipu oleh orang lain.

11. Tempat Penitipan Anak

Zaman sekarang ini banyak wanita modern bekerja juga, ini kesempatan buat anda yang suka mengurus anak. Karena orang tua anak bekerja, jadi tidak ada yang mengurus deh. Maka dari itu anda bisa membuka tempat penitipan anak.

Tetap harus diperhatikan protokolnya, karena sekarang rawan sekali kejahatan dimana-mana.

12. Travel Guide

Jasa travel guide sangat cocok dijalankan di tempat-tempat wisata seperti gunung Bromo. Mungkin anda memiliki tempat wisata yang bagus di tempat tinggal anda saat ini. Menawarkan kepada turis asing bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena dimana-mana jasa guide dibutuhkan oleh orang yang ingin tahu mengenai tempat wisata yang mereka kunjungi.

13. Penukaran Uang (Money Changer)

Jasa penukaran uang mungkin sudah sedikit punah, karena saat ini sudah bisa ditukar secara online. Namun, dalam dunia bisnis di internet penukaran uang seperti dollar Paypal masih banyak yang menjalankan.

Pandai-pandailah anda mencari celah dalam berbisnis, salah satunya ini. Meskipun kursnya tidak besar ini bisa jadi usaha sampingan yang menjanjikan.

14. Penginapan / Kos

Penginapan itu sangat cocok juga ketika berada di dekat tempat wisata, nah bila anda memiliki modal yang cukup bisa membuat villa, homestay, kos, atau hunian yang lainnya.

Usaha ini sudah banyak sekali yang menjalankan terutama investor asing banyak sekali yang terjun dalam dunia bisnis properti semacam ini.

Meskipun akan membutuhkan modal yang gede, namun usaha ini sangat patut untuk dicoba.

15. Cuci Motor

Ini masih terdengar relative karena usaha cuci motor, kadang laku kadang juga tidak. Ini sama saja dengan usaha laundry, yang mana tidak semua orang membutuhkan laundry. Namun, di kota besar usaha laundry sangat laris, karena rata-rata orang kota tidak suka mencuci pakain sendiri, jadi memilih untuk laundry.

Nah, usaha cuci mobil dan motor juga begitu karena kalau cuci sendiri kadang tidak bersih makanya orang memilih untuk mencucikan saja.

Kesimpulan

Banyak sekali UMKM yang sangat potensial, anda wajib tahu bidang apa yang anda kuasai. Pertama dalam menjalankan usaha atau pekerjaan, harus tahu terlebih dahulu passion yang anda sukai. Lewat passion inilah anda bisa bekerja dengan santai, tidak ada tekanan.

Related Articles

Leave a Comment