Home Bisnis 10 Contoh UMKM di Jogja yang Sukses Omset Jutaan Perbulan

10 Contoh UMKM di Jogja yang Sukses Omset Jutaan Perbulan

by

Puluhan bahkan ratusan contoh UMKM di Jogja yang sukses dengan penghasilan beromset puluhan juta setiap bulan. UMKM mebel, aluminium, sablon, percetakan, dan masih banyak peluang lainnya di Jogja.

Jogja merupakan tempat wisata yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan baik lokal maupun asing. Tempatnya yang adem menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk wisatawan, selain itu ragam budaya juga sangat banyak.

Meskipun UMR Jogja masih kalah jauh dengan daerah seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, tapi Jogja masih menjadi pilihan untuk membuka usaha baru. Pilihan ini didasarkan pada sumber daya manusia yang banyak, terlebih lagi jika anda membuka usaha disekitar tempat wisata.

Contoh UMKM di Jogja

UMKM Jogja masih didominasi oleh makanan khas / oleh-oleh. Namun, tidak menutup kemungkinan bidang lain juga tidak laku, untuk itu beberapa contoh UMKM di Jogja berikut ini bisa menjadi referensi.

Contoh UMKM di Jogja:

1. Batik

Jika melihat dari perkembangan trends busana dari tahun ketahun selalu mengalami perbaikan. Salah satu umkm Jogja yang sukses adalah milik Rifki Ali Hamidi yang sukses meraup omset 100 jutaan dalam sehari. Sekarang ia mendirikan PT Kertabumi Harita Nusantara yang merupakan industry bergerak dalam bidang pakaian jadi, terutama untuk pakaian batik.

Tentu ini bisa menjadi contoh untuk teman-teman yang ingin membangun usaha dalam bidang fashion. Namun, itu tidak mudah Rifki Ali Hamidi sendiri mengalami kegagalan sampai 6x dan memiliki hutang ratusan juta, dari situlah ia bisa bangkit sampai bisa mendirikan PT Kertabumi Harita Nusantara yang dahulu masih bernama Busana Mandiri Corporation.

2. Sabun Organik

Kisah ini diambil dari kisah Nina Widjaja seorang pengusaha sabun organik yang mampu meraup keuntungan jutaan rupiah setiap bulan. Dia memasarkan tidak hanya lewat offline melainkan mencoba terjun ke e-commerce dengan memanfaatkan marketplace Tokopedia sebagai tempat jualan.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan usaha sabun organic, dimana salah satunya untuk menyadarkan bahwa bahan kimia tidak baik untuk kesehatan tubuh. Dari situlah muncul ide untuk membangun usaha UMKM sabun dengan berbagai macam produk seperti sabun, pasta gigi, sampo, dan pembersih serbaguna.

3. Kostum pakaian

Berawal dari hobi menjahitnya sekarang Sie Yulyani Retno Nugroho sudah bisa membuka usaha baru untuk pembuatan kostum mulai dari seragam kartini, pengantin, wisuda, dll. Selain untuk usaha sendiri ia juga membantu orang lain untuk bisa lebih kreatif dan memiliki skill. Dari sinilah pundi-pundi uang akan bermunculan. Anda bisa memanfaatkan orang untuk bekerja pada anda sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk bekerja sendiri.

4. Mebel kayu

Tidak hanya di Jogja bahkan di setiap daerah ada saja orang sukses menjadi pengusaha mebel kayu. Contohnya di Jogja ada Agung Setiawan (42) sukses eksport usaha kayunya yang berbentuk produk wood panel dan woodcarving hingga mencapai pasari Spanyol dan Belanda. Tentu ini bukan pencapain yang gampang karena ia sendiri pernah ditipu oleh temannya hingga 1 milyar yang kemudian ia bisa bangkit sampai sekarang.

5. Mie ayam

Usaha apapun kalau tahu ilmunya dan memiliki niat yang kuat pasti akan membuahkan hasil. Mie ayam yang pada dasarnya kuliner yang beredar dimana-mana ternyata bisa memberikan rezeki yang melimpah. Seperti usaha milik Ahmad Fauzan yang dapat meraup rupiah 6 juta setiap harinya. Ini ia rintis sejak tahun 1991 yang dulunya hanya memakai gerobak dorong sekarang sudah memiliki rumah makan yang mewah.

6. Siomay

Siapa sangka cemilan ringan ini ternyata bisa mendatangkan rezeki, harganya hanya 5 ribuan. Tapi jika memang jajanan yang anda tawarkan enak, tentu tidak sedikit orang yang tertarik. Karena lokasinya di Jogja sangat cocok sekali jika anda mencoba usaha yang satu ini.

Tidak hanya siomay anda bisa menjual cilok juga loh, karena jajanan semacam ini akan laris setiap harinya. Kalau gak bisa membuat cilok gimana? Ya coba usaha yang lain misalnya, jualan kaos, sepatu, sandal, dll.

7. Bakpia

Sudah tidak asing ketika mendengar oleh-oleh khas dari Jogja. Bakpia adalah salah satu jajanan khas yang berasal dari kota budaya yang sangat ramai peminatnya. Kalau mau usaha bakpia anda setidaknya harus memiliki kualitas bakpia yang tidak kalah enaknya dengan bakpia lain seperti Pathok 25.

Bila ingin terjun ke UMKM ini mempelajari pola bisnis kuliner memang diperlukan, anda harus benar-benar tahu seluk-beluk dunia kuliner yang satu ini. Sudah banyak orang yang sukses membuat kreasi sendiri mengenai kue Bakpia ini, sekarang giliran anda!

8. Tas selempang

Jogja juga disebut sebagai kota industri karena industri rumahan pembuatan tas, sepatu, sandal, dan lainnya juga banyak di Jogja. Nah, sekarang kalau anda ingin mencoba ada tas selampang yang lagi trends saat ini.

9. Kaos distro

Ya kaos distro memiliki keunikan tersendiri bagi anak-anak jaman sekarang. Katanya sih kalau gak pakai distro gak uwu. Nah, dari sinilah anda bisa terjun untuk membuat / mengelola kaos distro, jika mampu buat sendiri kalau tidak mampu anda menjadi seller saja ambil dari distributor.

Distro semacam ini memang tidak selalu laku keras, bisa jadi musiman. Kalau ingin mentarget hanya regional tentu saja susah, pastikan untuk menjalankan marketing secara online karena akan lebih mudah untuk public dari pada harus mulut ke mulut.

10. Gudeg

Jogja terkenal dengan nasi gudeg, sayur nangka muda yang dijadikan makanan khas Jogja ini sudah menjadi makanan khas istimewah disana. Sudah puluhan orang yang sukses menjalankan usaha UMKM ini, kini saatnya anda membuka usaha sendiri.

Pastinya tidak cuma-cuma langsung jadi sukses, anda akan dibawa ke tahap yang sulit terlebih dahulu dalam memulai usaha.

Related Articles

Leave a Comment