8 Contoh Usaha Makanan Ringan Unik Yang Wajib Dicoba

Usaha makanan ringan sekarang ini banyak peminatnya, mulai dari yang muda hingga yang tua. Dulu memang makanan ringan hanya semacam gorengan dan cilok saja, namun sekarang ada banyak sekali variasi cemilan untuk melengkapi aktivitas nonton TV.

Dari banyaknya inovasi inilah kita bisa menjadikan sebagai bisnis yang unik dan menjanjikan. Contohnya usaha makanan ringan sempol dan siomay, anda bisa menjualnya di tempat yang ramai dimana banyak orang berseliweran.

Kadang kala kita tidak memiliki ide untuk usaha, padahal sudah memiliki modal. Sering juga orang sudah memiliki ide namun, terkendala masalah modal.

Tapi, jika anda sudah memiliki modal namun bingung mau usaha makanan apa bisa mencoba beberapa rekomendasi usaha makanan ringan yang unik berikut.

Contoh usaha makanan ringan unik:

1. Makaroni pedas

Makaroni

Makaroni merupakan cemilan yang sangat enak dan nikmat ketika dimakan bersama keluarga saat santai. Dibalik makaroni yang memiliki rasa pedas, gurih, dan asin ternyata menyimpan segudang nilai bisnis. Betapa tidak mencengangkan karena dengan usaha makanan ini bisa mencapai omset 3 juta perminggu.

Anda hanya perlu membeli makaroni mentah yang kemudian digoreng sendiri dirumah. Lalu dikemas dengan plastic yang memiliki brand sendiri. Harga makaroni mentah 1 Kg sekarang 17 ribu rupiah, jika dengan 1 Kg anda dapat omset 150 ribu maka profit sebesar 133 ribu rupiah.

2. Kerupuk basreng (bakso goreng)

Bakso Goreng

Kerupuk bakso goreng merupakan cemilan yang juga lagi ngetrend saat ini. Rasanya yang enak seperti bakso membuat orang sangat suka dengan cemilan ini. Terlebih lagi jika memiliki varian rasa seperti balado akan lebih nikmat.

Untuk menjalankan usaha ini ada 2 cara, dimana anda  bisa membeli produk mentah atau memproduksi dari awal sendiri.

Gaya bisnisnya sih hampir sama dengan macaroni, namun ini akan lebih mudah dijalankan karena daya tarik basreng saat ini melonjak tinggi.

3. Mie lidi

Mie Lidi

Ini merupakan jajanan waktu SD yang tidak pernah kita lupakan. Dulu hingga saat ini makanan ringan mie lidi sangat digemari.

Memiliki rasa yang banyak mulai dari rasa jagung panggang, balado, sapi panggang, keju, dan yang lainnya. Dibalik itu semua ternyata mie lidi bisa membuat anda menambah pemasukan ekonomi dengan usaha jualan.

Untuk jenis cemilan ini rata-rata menarget anak-anak, karena memang cenderung anak-anak suka jajan. Namun, bukan berarti yang sudah emak-emak tidak suka. Jika anda mengemas mie lidi dengan sangat baik, pastinya orang akan tertarik dengan jualan tersebut.

4. Donat kering

Donat Kering

Membuat sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya merupakan strategi bisnis. Nah, disini ada sebuah donat yang biasanya bertahan 2 hari saja, kini bisa bertahan berminggu-minggu.

Contoh dari usaha makanan ringan yang unik ini bisa anda coba dirumah. Tentu harus mengetahui bagaimana proses untuk mengolah bahan menjadi produk siap saji. Dari tepung menjadi donat yang bisa dikemas dalam plastic yang dijual 5000 untuk satu kantongnya.

5. Sempol

Sempol

Mungkin ini hanya ada di daerah tertentu saja khususnya Jawa Timur. Sempol adalah makanan goreng yang disajikan dengan saus pedas. Rasanya mirip dengan bakso goreng, tetapi ini biasanya diolah dari campuran ikan tuna, tenggiri, gurami, atau bahkan daging ayam.

Bahan untuk membuat sempol sangat mudah dicari, jadi ini dapat segera anda coba jualan dirumah. Namun, cemilan ini tidak bisa anda kemas dalam bentuk seperti makaroni, kerupuk, atau mie lidi.

Makanan ini bersifat basah, sehingga memiliki expired yang singkat. Banyak orang yang sukses usaha jualan sempol loh, omsetnya saja bisa mencapai 10 jutaan tiap bulan.

6. Bakpao

Bakpao

Cemilan ini mungkin sudah hadir dalam hidup kita sejak kecil. Bakpao yang berasal dari negeri Tiongkok sampai sekarang masih memiliki banyak peminat, terutama anak kecil.

Ini bisa menjadi ladang usaha makanan ringan untuk daerah yang ramai. Misalnya jika rumah anda dekat stadion yang banyak orang jogging, ini akan membuka peluang anda untuk berjualan.

Mungkin juga anda bisa berkeliling untuk mendapatkan pembeli.

7. Rempeyek

Rempeyek

Ini merupakan makan khas Jawa yang selalu disajikan dengan menu lalapan atau pecel. Selain itu rempeyek juga sangat enak untuk cemilan loh.

Jadi anda bisa mengemas rempeyek khusus cemilan dengan variasi rasa yang berbeda dari sebelumnya.

Kalau tidak ingin membuat variasi baru, ya memakai metode lama dengan berjualan rempeyek original yang bisa anda jual di warung-warung. Caranya sangat mudah sekali anda bisa titipkan rempeyek di warung yang melayani penitipan barang. Karena biasanya ada yang boleh ada pula yang tidak menerima penitipan barang.

8. Usus krispi

Usus Krispi

Cita rasa original dari usus krispi yang banyak dijual dengan harga 1000 dapat memilkit banyak orang. Bagaimana jika usus krispi anda kemas dengan kemasan yang menarik dan rasa berbeda dari lainnya.

Ini dapat menjadi usaha yang fantastis untuk generasi milenial sekarang. Gunakan teknik branding sehingga anda memiliki produk milik sendiri.

Tidak banyak modal yang diperlukan dalam usaha ini, anda tidak perlu khawatir tentang hal itu. Hanya saja untuk pengolahan dari bahan mentah ke produk siap saji sedikit menyusahkan.

Kesimpulan

Dari beberapa contoh usaha makanan unik di atas tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Cemilan yang menjadi salah satu daya tarik orang banyak pastinya akan selalu hadir untuk dibeli. Anda tidak perlu takut jualan anda tidak laku, tentunya jika memiliki rasa takut gagal dalam usaha anda tidak akan action.

Meskipun kita sajikan 100 contoh usaha makanan ringan, jika anda tidak memiliki kemauan untuk action ya sama saja jalan ditempat. Untuk bisa sukses dalam berbisnis kuncinya hanyalah satu, segera action.

Leave a Comment