Home Bisnis 20 Contoh Usaha Mikro Menjanjikan dari Berbagai Bidang

20 Contoh Usaha Mikro Menjanjikan dari Berbagai Bidang

by

Usaha mikro kecil di setiap tahunnya menjadi salah satu aset yang banyak dilirik oleh karyawan swasta, mahasiswa, dan bahkan PNS. Banyak dari kalangan mahasiswa dan karyawan yang sukses menjalankan usaha mikro rumahan yang mampu mencapai omset puluhan juta setiap bulan.

Bukan hal yang aneh bila kita dapat sukses hanya dengan menjalankan usaha mikro kecil / industri rumah. Contoh usaha mikro rumahan seperti pembuatan kerupuk udang, gantungan kunci, batu bata, dan bahkan usaha ternak lele bisa digolongkan ke dalamnya.

20 Contoh Usaha Mikro Menjanjikan dari Berbagai Bidang

Baik usaha mikro, kecil, maupun menengah semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini usah kecil, lahir dari usaha mikro, dan usaha menengah lahirnya dari usaha kecil, dari sinilah kita memulai bisnis dari yang mikro. Perbedaannya hanya ada pada omset yang dihasilkan saja, jika mencapai omset tahunan 300 juta pertahun disebut dengan usaha mikro, 300 juta – 2,5 miliar untuk usaha kecil, dan 2,5 milyar – 50 milyar usaha menengah.

Tentu kita tidak mungkin langsung berada pada range usaha kecil atau bahkan menengah, dari sinilah kita akan membangun bisnis mulai dari usaha mikro. Dan berikut ini ada usaha mikro yang menjanjikan dari berbagai bidang layak untuk dicoba.

Contoh usaha mikro menjanjikan dan menguntungkan

1. Jualan produk kecantikan

Produk kecantikan seperti lipstick, masker, bedak, cream, yang semuanya termasuk dalam kategori kebutuhan wanita dapat dijadikan sebagai usaha yang menjanjikan. Jika tidak memiliki otoritas untuk membuat produk kecantikan sendiri, berarti anda bisa memilih untuk menjadi seller dengan mengambil produk di distributor.

Mulai sejak dahulu hingga sekarang, dan bahkan sampai 200 tahun kedepan produk kecantikan masih sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai usaha mikro.

2. Ayam petelur

Jika memutuskan untuk menggeluti bidang peternakan, anda bisa memilih untuk membudidayakan ayam petelur. Ayam petelur memiliki pasar yang sempurna untuk menjalankan ide bisnis mikro, setiap pasar, toko kecil, dan bahkan di supermarket tersedia juga telur sebagai bahan pangan setiap hari. Ini tidak menutup kemungkinan sebagai lahan bisnis yang menjanjikan.

Anda yang ingin bergelut dibidang ini harus paham resiko dan tantangan yang harus dihadapi, dan ini tidak cocok untuk perempuan. Jadi jika anda perempuan dapat memilih usaha yang lain.

3. Jasa percetakan dan fotokopi

Sekarang ini jasa percetakan sudah menjadi salah satu jasa yang banyak diminati. Mencetak foto, undangan, dan banner sebagai salah satu usaha mikro kelas yang sangat cocok untuk mahasiswa dan karyawan pabrik.

Ini sangat fleksibel dan dapat dilakukan ketika memiliki waktu luang, jika anda karyawan pabrik untuk mengisi waktu luang bisa menjalankan usaha cetak undangan. Omsetnya jika laris, bisa mencapai 10 juta setiap bulan.

4. Jasa web developer

Web developer merupakan kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan website. Dimana dalam jasa ini anda sebagai web developer harus mengetahui bagaimana cara untuk membuat website baik bagian front end atau back end yang biasa disebut dengan full stack developer. Untuk jasa ini sangat menjanjikan dalam 1 project saja jika akumulasi untuk perusahaan bisa mencapai 100 juta lebih.

Dan jika hanya untuk perseorangan website tersebut biasa dijual dari harga 3 juta sampai 10 juta. Tergantung kualitas website yang akan dibuat. Tentu ini bukan usaha mikro lagi, karena project web dev itu sangat mahal. Pastinya anda harus menguasai dalam bidang ini dan sudah berpengalaman.

5. Jasa mobile developer

Baik web dev atau mobile dev dapat dikatakan sebagai usaha dalam bidang yang linear, karena bidang ini juga tentang pemrograman. Mobile dev dalam kebanyakan diperuntukkan untuk aplikasi android, karena sekarang untuk mobile kebanyakan memakai OS Android.

Tidak jauh berbeda dengan web developer, omset dalam satu aplikasi mobile juga dapat dihargai jutaan rupiah.

6. Jasa les privat

Les private entah itu tentang pendidikan formal (edukasi) atau tentang private lain seperti private koding, bisnis, percintaan, dan yang lainnya juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menjalankan usaha mikro.

Dalam bidang private ini tentu gak serta-merta bisa anda jalankan, sebagai seorang coach private anda wajib menguasai bidang yang akan anda ajarkan.

7. Jasa potong rambut

Sebaiknya anda tidak meremehkan bidang jasa yang satu ini, banyak orang yang sukses membuka tempat potong rambut yang bahkan omset setiap bulan bisa mengalahkan gaji PNS. Membuka jasa potong rambut dengan strategi pemasaran yang bagus tentu akan mendatangkan rezeki yang melimpah, banyak orang yang mencukupi keluarganya dengan hanya membuka jasa potong rambut.

8. Jasa menjahit

Cocok sekali untuk wanita, ya menjahit salah satu kerajinan tangan yang mahal harganya. Bidang ini sekali kerja saja dapat mengambil keuntungan 100-200 ribu untuk sekali jasa sahit. Misalnya anda bisa menyelesaikan pekerjaan 4 potong bahan menjadi baju setiap hari, sudah berapa penghasilan anda setiap harinya.

Ya, untuk jasa jahit ini anda harus pandai untuk menarik pelanggan dengan kualitas jahitan yang rapi dan bagus.

9. Jasa fotografi dan videografi

Di jaman yang modern ini teknologi digital yang ramai digunakan. Nah, menjadi salah satu fotografer misalnya, jika minat anda sangat tinggi dalam bidang ini, tidak ada salahnya untuk membuka jasa foto dan video untuk acara nikah, studio, dan bisa berkolaborasi dengan merk dagang terkenal.

Wow, bidang ini sangat memiliki harga mahal yang harus dicoba. Pastinya teknik berfoto dan videografi harus anda kuasai dengan baik, untuk memberikan kualitas tangguh pada pelanggan.

10. Jualan roti / kue

Jika tidak bisa mendirikan perusahaan roti seperti Sari Roti, anda bisa membuat brand sendiri dengan kualitas yang tidak kalah enaknya. Merintis bisnis kue kuliner semacam ini membutuhkan jam terbang yang lama, tentu akan ada banyak sekali rintangan.

Bisa memulai dari les private pembuatan kue jika memang serius ingin terjun dalam bidang yang satu ini.

11. Jualan perlengkapan bayi

Meskipun dianggap sepele namun jika anda memiliki modal yang besar, menjual perlengkapan bayi merupakan keputusan yang tepat. Misalnya pakaian, dot, sabun, atau perlengkapan yang lainnya. Meskipun terlihat pasarnya tidak terlalu luas, namun membidik sasaran untuk bayi bisa menjadi solusi bagi anda yang ingin membuka usaha.

12. Jualan pakaian

Tidak heran jika ini masuk kedalam kategori contoh usaha mikro yang menjanjikan. Menjual pakaian branded bisa anda coba dibandingkan dengan menjual pakaian yang banyak beredar di pasaran.

Kenapa bisa begitu, harganya beli barang branded memang mahal. Tapi, anda bisa mendapatkan untung yang bagus ketika sudah banyak peminatnya. Pastikan bukan barang KW yang dijual, karena ini akan merusak reputasi anda.

13. Ternak lele

Masih menjadi misteri apakah ternak lele bisa menguntungkan. Sebagian orang sukses hanya dengan ternak lele, dan banyak yang sudah mencoba namun berujung kegagalan. Banyak orang yang mengatakan bahwa berbisnis itu cocok-cocokan, kalau di rasakan tidak cocok harus pindah ke bisnis lain.

Padahal, BUKAN!

Setiap bidang bisnis / usaha ada ilmunya, jadi ketika anda ingin sukses dalam usaha apapun anda harus tahu dengan benar ILMU yang harus diterapkan dalam usaha tersebut.

14. Jualan sepatu

Apapun jualannya lakukan saja, untuk urusan untung anda serahkan pada Allah SWT. Biarpun gagal hari ini anda bisa mencoba di hari yang lain, terus harus seperti itu.

Nah, dalam menjual sepatu, tas, topi, jam tangan, yang semua barang tersebut bisa dikatakan musiman. Anda harus memiliki daya strategi yang bagus, misalnya membuat aset digital store Instagram, Shopee, Tokopedia, Lazada, dll.

Ilmu inilah yang harus anda kuasai dengan baik.

15. Jualan ATK

Posisi yang bagus ketika ingin menjual ATK, anda harus berada pada wilayah dimana banyak orang yang membutuhkan ATK. Misalnya anda bisa membuka toko di sebelah sekolahan atau kampus. Tentu ini bisa menjadi prospek yang bagus ketika anda mencoba menjalankan ide bisnis yang satu ini.

16. Ayam potong

Bidang apa yang anda kuasai?

Nah, beternak ayam potong juga membutuhkan ilmu yang benar. Ketika anda sudah bosan dengan pekerjaan di kantor dan ingin resign dan ingin membuka usaha sendiri, ayam potong bisa menjadi pilihan.

Ya, meski terdengar sangat aneh. Seorang karyawan tiba-tiba ganti profesi angon ayam potong, ini adalah hal yang absurd. Tapi jika anda benar-benar mampu dalam bidang ini, dan sudah menguasai ilmu yang benar. Tidak ada salahnya untuk terjun menggeluti bidang yang satu ini.

17. Jualan perlengkapan komputer

Ketika anda suka dengan teknologi menjual perlengkapan komputer (part) bisa menjadi solusi. Meskipun setidaknya harus memiliki modal terlebih dahulu. Minimal masih di angka 50 jutaan untuk usaha ini.

Prospek usaha dalam bidang komputer sangat bagus, terlebih lagi dalam era ini banyak sekali gamer yang mayoritas menggunakan perlengkapan komputer untuk streaming. Ini akan membuka peluang buat anda yang berani mengambil keputusan dengan berbisnis part komputer. Selain itu juga bisa menyediakan service sebagai bahan untuk memperluas jaringan pekerjaan anda.

18. Toko kelontong

Tidak ada hal yang lain bila anda berada di desa, bisa juga usaha toko kelontong yang menyediakan bahan pangan dan sembako.

Toko kelontong masih laku untuk posisi di desa dan kampung. Tidak direkomendasikan untuk anda yang berada di area kota besar.

19. Service kendaraan bermotor

Meskipun, sudah banyak service motor dimana-mana. Tapi, jika anda suka dengan otomotif bisa mencoba bidang yang satu ini. Meskipun tidak selamanya bagus, kita harus merintis terlebih dahulu untuk usaha kendaraan bermotor.

Walaupun banyak saingan kalau toko anda bagus, dan sudah mendapatkan nama baik maka masyarakat akan lebih memilih service di tempat anda.

20. Kuliner bakso, mie, nasi goreng, dan lainnya

Kuliner / jajanan sampai sekarang dan seterusnya akan menjadi menu bisnis yang banyak digemari oleh orang-orang. Dalam usaha ini anda wajib membuat varian yang unik dibandingkan dengan lainnya. Kenapa demikian, karena kalau cara anda berjualan hanya begitu saja, kualitas makanan tidak diperbaiki, sama saja anda masuk kedalam usaha yang sia-sia. Untuk itu dalam memulai usaha anda harus mengetahui ILMU menjadi wirausahawan terlebih dahulu.

Menjalankan usaha mikro kecil menengah memiliki rintangan yang tidak sedikit, pastikan anda siap dengan resiko yang akan datang. Contoh usaha kecil-kecilan diatas jika ditekuni akan menjadi usaha yang besar, bagi anda yang ingin terjun menjadi seorang wirausahawan sebaiknya dengan memulai hal yang kecil terlebih dahulu, memulai dengan apa yang menjadi bakat anda.

Related Articles

Leave a Comment