Guru TK di Malang Terjerat Pijol Puluhan Juta di 24 Aplikasi, Ingin Bunuh Diri dan Tak Kuat Diteror



TRIBUN-VIDEO.COM – Seorang guru Tk di Malang terjerat pinjaman online di 24 aplikasi dengan jumlah hingga Rp 40 juta rupiah.

Ia mengaku menggunakan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan membayar kuliahnya.

Lantaran selalu diteror oleh debt collector dari aplikasi peminjaman ia pun sempat berkeinginan untuk bunuh diri.

Dilansir Kompas.com, Sang wanita tersebut diketahui berinisial S.

Ia mengaku terpaksa melakukan pinjaman online untuk biaya kuliah sebagai syarat untuk bisa teteap mengajar di Tk tempat dirinya kini mengajar.

“Awal cerita saya pinjam online adalah karena kebutuhan untuk membayar biaya kuliah di salah satu universitas di Kota Malang sebesar Rp 2.500.000 karena memang dari tuntutan lembaga tempat saya mengajar harus punya ijazah S1,” katanya

Akibat kebutuhan yang terus didapatkannya, ia pun terpaksa melakukan pinjaman online hingga 24 aplikasi.

Slamet Yuono, kuasa hukum S memberikan keterangan.

kasus ini bermula dari ketidaktahuan S terhadap pinjaman online.

Sebab, banyak pinjaman online yang ilegal yang dalam prakteknya merugikan pihak yang meminjam.

“Dia tidak tahu kalau pinjaman online itu ada yang legal, ada yang ilegal. Dia tidak tahu. Pokoknya ketika dilihat di HP ada aplikasi pinjaman online, bisa di-download dan mereka bilang syarat mudah. Ada KTP, foto selfie, rekening, langsung cair,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telpon

Setelah ditelusuri, ternyata aplikasi yang diikuti S banyak yang masih ilegal.

dari 24 aplikasi terdapat 19 yang dinyatakan dalam kondisi ilegal.

“Dari 24 pinjol (pinjaman online) ini, kita coba lihat, ternyata ada lima yang legal dan 19 yang ilegal,” katanya.

Atas hal itu S pun sempat depresi dan berniat untuk bunuh diri.

S lantas kembali optimistis menghadapi kasusnya setelah mendapat dukungan dari orang di sekitarnya dan mendapatkan bantuan hukum.

“Itu (sempat ingin bunuh diri) sekitar bulan November 2020 sebelum kontak saya,” kata Slamet Yuono.

Atas kasus itu, S pun kini dikabarkan telah dipecat dari profesinya sebagai seorang guru. (Tribun-Video.com/Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Guru TK di Malang Diteror Debt Collector 24 Pinjol, Utang Rp 40 Juta, Nyaris Bunuh Diri”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2021/05/18/084859978/guru-tk-di-malang-diteror-debt-collector-24-pinjol-utang-rp-40-juta-nyaris?page=all#page2.
Penulis : Kontributor Malang, Andi Hartik
Editor : Khairina

source

Check Also

Online Loan Kaise Le | How To Get Instant Personal Loan Online | Online Loan Kaise Liya Jata HaiBest

Online Loan Kaise Le | How To Get Instant Personal Loan Online | Online Loan …

43 comments

  1. Edwind Suryadi

    ngeRIBAnget

  2. Uun Umiarsih

    Lebih baik pinjam ke bank yg sudah terdaptar jelas seperti Bri, bni, bfr, bca, mandiri wah bayak ngapain pinjaman online engga jelas dasar hukumnya

  3. ricardo gunawan

    Reverse of compound interest. Compound interest is wonderful thing but the reverse is the worst thing too.

  4. saya sampai lebih 80 jt…tapi alhamdulillah tinggal 15jtan lagi….sama sampai mau bunuh diri juga cuma takut mti wkwkwkwk
    pokoknya ngeri2 sedap dah pinjol itu….mudah2an kalian gak terjerumus….

  5. Banyak hutang malah mau bunuh diri, emangnya akn bahagia klo mati seperti itu,,, akan jd kerak neraka katanya

  6. DANANG SUPRAYITNO EDAN DANANG SUPRAYITNO EDAN

    SUBKHANNAALLAH 😭😭😭

  7. Mazaya Keiziana

    Deritalu, padahal sdh banyak contoh DIMEDSOS masih saja mencoba2 dan akhirnya sama juga…
    Hutang menjerat hingga berujung kematian…

  8. Gw aja pakai shopeepayleter kadang pusing

  9. harga ROI (return of Investment) tidak sepandan bila profesi guru lulusan S1. Mending dagang drpd kuliah lulus cman jadi guru tk. Utang tuh di bawa sampe akhirat

  10. Korban banyak kenapa pemerintah diam

  11. Yaa allah klo gk bisa kuliah mbok Yo cari jalan lain jgn mlah pinjol🤔kerja sampingan kek skrg mlah jd ruwet terjerat utang dipecat buat pembelajaran ja

  12. Nauraku Fashion

    Kuliah UT ..itu murah bahkan dpt beasiswa ..
    Banyak guru TK yg begitu , aku kelola TK dan guruku TK juga byk hutang ..
    Gaya hidup gak mikir akibatnya

  13. Hmm 24 aplikasi, salah mbany jg. Emng ga kepikran gmn bayarny itu?

  14. guru TK = musti gelar kuliah ? hmmhh …. makin rusak 62

    di mainin sama gelar …. padahal karakter & wawasan yang utama

    yo wes lah 62 🤣🤣🤣

  15. Kasmi Kustilah

    Hutang pijol,,,,
    Sama juga bunuh diri,,,
    Naudzubillah,,,

  16. Hidup ku juga susah malah terbebani hutang 50 jtaan.. Rumahpun mau dilelang tapi gua berani ngomong ama bank nya akan saya lunasi setelah saya pergi ke luar negri alhamdulillah… Bank juga pengertian.. Dan 2 tahun alhamdulillah bisa nyarutang.. Meskipun harus jadi babu..

  17. Retty Krisna

    Untuk netizen yg maha benar dan maha pintar
    Jika kita tdk bisa membantu sesama manusia
    Bantu doa saja ya
    Semoga ibu ini bisa dimudahkan urusannya
    Dilancarkan rezekinya
    Dan semoga kita semua tak pernah terlibat dlm urusan pinjol
    Jgn mencela
    Jgn menghakimi
    Krn kita semua tdk tahu masalah pelik yg beliau hadapi

  18. adihari ramijan

    Lebih baik nggak fhm pijol…

  19. 志村ダンゾウ

    Lucu emang kelakuan orang

  20. Ya Allah jauh kan aku dari hutang… 🤲

  21. Sunarti Malang

    Jangan bunuh diri mbk gk usah takut kl mbknya udh punya uang di kembalikan pokoknya aja kok yoo di pecatt kasihan

  22. Tau gitu buat modal usaha
    Yg perputaran uangnya pasti
    Jd bs dapat untung sekalian bs angsur utang

  23. Isa Purwanto

    Utang pinjol sama aja gali lobang bikin jurang😭

  24. Gaji tdk bs menutup utang
    Harus kerja brapa tahun dlu br bs lunas😭

  25. Sebesar apapun itu hutang, akan tetap bisa terbayar kalau Ibu hidup. Kalau Ibu mati, bagaimana dengan hutang"nya? Sudah matinya dosa besar, dimintakan tanggingjawab hutang lagi diakhirat. Istighfar, Buuuu…

  26. kalau minjem buat dana usaha sih itu lebih baik daripada buat dana kuliah

  27. Aku juga sejak di rumahkan dari tempat kerja,dan sampe saat ini belum juga dapat kerja,jadi punya hutang juga buat memenuhi kebutuhan pokok sehari hari,karna anakku masih kecil kecil dan aku gak dapat bantuan pkh bpnt dari pemerintah,padahal aku warga miskin sebagai buruh dan sekarang malah di rumahkan dari tempat kerja.
    Mungkin lain hal nya kalo aku dapat pkh bpnt,gak seberat ini beban hidup warga miskin yang terdampak pandemi karna tiap bulannya ada harapan dapat pencairan sembako dari pemerintah.

  28. Carina Putri

    Jangan bunuh diri mbak, anda akan kekal di neraka

  29. Waduuhh… terlalu brani. Besar pasak drpd tiyang .

  30. Kevin Pratama

    Jadi kalo pinjol ga bisa byar netizen yg harus bayar….mbo yach mikir 24 aplikasi pinjol di pinjemin….andalan aji mumpung….buat pelajaran kita mending pinjem ke KUR bank Pemerintah buat pake usaha Jaminan BPKB sekiranya ga ke byar yach ambil tuch motor krna ada perjanjian syukur2 tiap bulan nya ke byar .. Jadi tidak terlalu ber resiko

  31. Udhik Sudaryono

    Bodoh kok berlebihan.
    Utang itu wajar bagi manusia tetapi menjadi tak wajar bila melebihi batas penghasilan..
    Besar pasak daripada tiang.

  32. kuroyuki cea

    Jgn memaksakan kehendak, kalo gk mampu mungkin rejeki di tempat lain

  33. Hakim Lukman

    Itu 40juta berikut bunga bukan total spertinya. Taukan pinjol itu lintah darat yg sadissssss

  34. Wahhhh parah..bunuh diri aja berani pinjam tapi ga mau bayar….nipu…..

  35. Almusawir Pku

    Alasan, berani berbuat berani ngutang lg

  36. Nggak krng bnyk apa 24 aplikasi di pinjam semua itu nmnya bukan butuh tp egois 1 atau 2 aplikasi pijol aja bikin pusing ini 24 pijol.

  37. Agung Triatmoko

    Gk usah di bayar selow aja pinjol ini mah..

  38. Buset 40 jt

  39. Warasnya kurang

  40. Keehan Maahi Abdurahman

    OJK MANA OJK ?
    Katanya Gak Boleh Pakai Debt Collector Tuh Buktinya :v

  41. Bocah Ngunung

    Pinjmn online aduhh buk2 hidup udah susah kok tmbh dibikin.susah

  42. Kurang waras 🙄

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *