Home Usaha 15 Inspirasi Usaha Tanpa Modal untuk Generasi Milenial

15 Inspirasi Usaha Tanpa Modal untuk Generasi Milenial

by

Usaha tanpa modal sebagian besar berada di ranah jasa, karena penggunaan jasa tidak membutuhkan peralatan khusus, jasa hanya membutuhkan keahlian / skill yang orang tersebut miliki. Ada banyak sekali usaha dibidang jasa yang sukses dan menguntungkan, namun itu semua butuh proses yang panjang.

Inspirasi usaha tanpa modal yang diinginkan generasi milenial saat ini selalu yang paling mudah dijalankan dengan tidak menggunakan banyak effort. Padahal pekerjaan apapun itu kita membutuhkan effort baik dalam bentuk pikiran ataupun fisik. Kalau ada pekerjaan yang mudah dijalankan dan tidak membutuhkan tenaga yang besar anda bisa menjadi Tiktokers dan menjual endorse, atau selebgram dengan bermodalkan cantik doang.

Nah, kalau anda benar-benar tidak memiliki modal untuk memulai usaha, berikut ini kita sajikan beberapa daftar usaha tanpa modal baik dibidang jasa atau bidang lainnya.

15 Inspirasi Usaha Tanpa Modal untuk Generasi Milenial

Daftar inspirasi usaha tanpa modal:

1. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis saat ini menjadi salah satu prospek kerja yang menjanjikan. Pasalnya, banyak sekali perusahaan yang menggunakan desain grafis sebagai alat untuk mempromosikan berbagai bentuk produk mereka. Inilah kenapa desain grafis sampai sekarang masih laku, dan sampai kapanpun juga akan terpakai.

Berbicara tentang desain grafis tentu anda harus memiliki keahlian dibidang tersebut, terutama keahlian berimajinasi dan menggambar. Desain yang anda sajakan harus berbeda dengan orang lain agar harga jual jasa anda tetap laku. Untuk memulai dalam usaha ini, cobalah untuk membuat sketsa desain grafis anda sendiri. Lalu, menuangkannya pada bentuk visual dengan menggunakan software photoshop, corel draw, atau paint bawaan windows.

2. Jasa Editor Video

Editor video terutama videography sekarang menjadi trend tersendiri untuk anak muda. Terutama jika anda seorang Youtuber yang memerlukan konten berkualitas, maka membutuhkan keahlian dalam pembuatan video. Entah itu video animasi atau videography. Nah, jasa editor video bisa anda lakukan dengan menawarkan kepada orang yang membutuhkan misalnya anda ngelamar di akun Youtube orang terkenal.

Sebenarnya tidak perlu dengan melamar pun, ada ratusan pekerjaan sebagai editor video yang bertebaran di media sosial. Hanya saja persaingan juga sangat ketat, anda harus memiliki skill yang bagus agar bisa bersaing.

3. Penulis Artikel

Penulis artikel jika termasuk dalam sebuah liputan berita disebut dengan jurnalis. Mereka bertugas untuk membuat konten dalam bentuk wacana yang diposting dalam sebuah website / blog. Tugas seorang penulis artikel harus memberikan informasi dengan sesuai fakta dan realita.

Menjadi penulis artikel sangat cocok untuk anda yang masih berstatus mahasiswa. Kebanyakan mahasiswa memang memilih pekerjaan menulis artikel sebagai pekerjaan sampingan mereka. Nah, harga per artikel yang bisa dijual bervariasi tergantung dari jumlah kata, biasanya untuk 500 kata dijual dengan harga 10 – 15 ribu rupiah sesuai kualitas artikel tersebut. Tentu anda sebagai penulis artikel tidak boleh serta merta copas tulisan orang lain.

4. Penerjemah / Translator

Translator banyak dibutuhkan oleh orang yang ingin mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Misalnya orang Indonesia ingin mengembangkan android app buatannya agar bisa digunakan oleh orang Jepang. Tentu agar orang Jepang dapat menggunakan android app buatan anda harus disertai tulisan berbahasa Jepang.

Nah, sekarang ini untuk menjadi jasa translate anda tidak perlu repot-repot menawarkan ke orang lain. Cukup mencari tempat dimana banyak orang berkumpul yang mencari jasa translator, misalnya di Upwork atau Fiverr.

5. Pengisi Suara

Pengisi suara sekarang ini banyak dipakai untuk Youtube, entah itu video tentang animasi atau video tentang promosi. Nah, istilah ini biasanya disebut dengan dubber (pengisi suara). Untuk bisa menjadi dubber anda harus memiliki peralatan seperti mic condenser + laptop / komputer.

Harga dari jasa pengisi suara sangat bervariasi mulai dari 10 – 20 ribu rupiah per video. Namun, anda bisa mendapatkan lebih banyak jika video tersebut merupakan dari perusahaan besar.

Tapi, kalau 10 ribu rupiah setiap video dan anda mendapatkan 10 orderan setiap hari. Itu sudah lebih dari cukup untuk menyambung hidup setiap hari.

6. Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa pembuatan aplikasi android / iOS sekarang ini menjadi salah satu daya tarik untuk developer. Tentu anda harus mahir dengan bahasa pemrograman yang merepotkan. Pekerjaan ini cocok untuk seorang yang introvert yang tidak suka berinteraksi dengan banyak orang.

Harga dari jasa pembuatan aplikasi android juga sangat mahal loh, anda bisa mendapatkan puluhan juta rupiah untuk 1 aplikasi saja. Namun, itu tergantung dari kualitas aplikasi yang dibuat, kalau rumit pastilah mahal.

7. Jasa Pembuatan Website

Selain jasa pembuatan aplikasi ada pula jasa pembuatan website. Ini juga diperlukan keahlian khususnya coding, serta logika yang bagus. Tidak perlu mahir dengan matematika karena coding itu seperti menggambar saja, dimana anda harus tahu titik untuk membangun kode menjadi satu kesatuan yang terintegrasi.

8. Agen Properti

Nah, ini merupakan pekerjaan yang penuh tantangan dan resiko karena menyangkut keuangan yang banyak. Menjadi agen properti seperti halnya menjadi makelar produk, kalau anda bisa menjual barang / produk tersebut anda akan mendapatkan uang, dan sebaliknya.

Agen properti haruslah orang yang memiliki kecakapan berbicara yang bagus, dan memiliki kharisma untuk menarik orang lain. Biasanya agen properti lebih banyak dari sudut perempuan daripada laki-laki. Ini kesempatan anda sebagai wanita yang ingin berkarir menjadi agen properti untuk pekerjaan sampingan.

9. Jasa Bimbingan Offline dan Online

Jasa bimbingan belajar atau pembelajaran apapun itu merupakan usaha paling enak dan tanpa modal. Memang yang banyak dicari oleh mereka yang tidak memiliki modal adalah dengan memberikan jasa keahlian kita.

Anda bisa membuka bimbingan belajar secara online atau offline, selain jasa bimbingan ini anda bisa menjadi mentor dalam pengajaran seperti halnya mengajar PHP, Python, Javascript yang merupakan bahasa pemrograman.

10. Jasa konsultan

Kalau anda sudah memiliki pengalaman yang bagus dan sudah bisa dikatakan mastah / master. Bisa juga jadi konsultan entah itu dibidang perbankan, psychology, bisnis, dan yang lainnya. Jasa konsultan harus memiliki pengalaman dalam bidang yang akan digeluti, kalau anda membuka jasa konsultan namun tidak memiliki skill anda akan di cap oleh seseorang sebagai orang yang banyak bicara doang. Nah, dari sinilah anda bisa tahu bahwa menjadi mentor itu harus benar-benar BISA.

Update

11. Affiliate Marketing

12. Jasa service elektronik

13. SEO Specialist

14. Illustrator

15. Data Entry

Related Articles

Leave a Comment