Home Karir 6 Kriteria Fresh Graduate yang Banyak Dicari Perusahaan

6 Kriteria Fresh Graduate yang Banyak Dicari Perusahaan

by

Mencari kerja untuk fresh graduate memang sangat menjadi pertimbangan oleh berbagai perusahaan. Karena banyak dari perusahaan tidak mau repot-repot untuk membayar fresh graduate yang belum pandai dalam bidang mereka. Kecuali kamu memiliki sertifikat penunjang, lulus dengan IPK bagus, dan dapat menunjukkan skill mungkin masih menjadi pertimbangan.

Dalam proses rekrutmen bagi pihak perusahaan merupakan tindakan yang sangat penting. Hal ini tidak hanya berlaku pada fresh graduate saja namun untuk yang sudah memiliki pengalaman juga.

Pastinya perusahaan hanya akan menerima orang yang bisa menangani pekerjaan dengan baik, dan ini termasuk untuk membantu perkembangan perusahaan. Semua itu jelas membutuhkan kemampuan dan keterampilan yang bagus sebagai dasar untuk menjadi seorang karyawan.

6 Kriteria Fresh Graduate yang Banyak Dicari Perusahaan-min

Ada beberapa kriteria yang wajib kamu miliki jika ingin cepat mendapatkan pekerjaan di perusahaan.

Kriteria fresh graduate dalam mendapatkan pekerjaan:

1. Memiliki skill / kemampuan

Tentu ini merupakan dasar dari sebuah pekerjaan, kalau tidak memiliki skill yang dibutuhkan oleh perusahaan tidak mungkin juga akan di rekrut. Skill yang harus kamu miliki sesuaikan dengan posisi yang akan kamu tempati misalnya, skill yang kamu miliki adalah web programming jadi kamu harus mencari perusahaan yang membutuhkan job web programming.

Langkah awal untuk mendapatkan segala jenis pekerjaan adalah dengan menguasai skill / kemampuan kamu terlebih dahulu.

2. Aktif dan bekerja keras

Dalam dunia kerja akan banyak sekali hal yang harus dipelajari, itu semua akan sangat melelahkan. Perusahaan membutuhkan karyawan yang aktif, tangguh, dan pekerja keras untuk bisa memahami kondisi di lingkungan kerja.

Karyawan yang seperti ini pada umumnya memiliki inisiatif untuk belajar dan menguasai tugas-tugasnya dengan lebih cepat. Hal ini patut menjadi salah satu modal utama bagi fresh graduate seperti kamu, sebab pekerjaan tentu tidak akan bisa menunggu dan ditunda sebagaimana tugas-tugas kuliahmu di kampus.

Pastinya juga perusahaan menginginkan karyawan yang terbiasa menangani berbagi pekerjaan dengan cepat. Sikap inilah yang harus tertanam pada karakter seorang pekerja, agar memiliki nilai jual yang bagus.

Di setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang aktif dan bekerja keras bukan orang loyo yang suka rebahan.

3. Inovatif

Inovatif dari seorang karyawan juga dibutuhkan, apalagi jika kamu yang baru lulus pasti memiliki gagasan yang bagus untuk disalurkan dalam perusahaan. Nah, memberikan masukan juga bisa bagi perusahaan, tentunya kamu harus tahu tempatnya untuk memberikan saran.

Akan Ada banyak sekali masalah yang ditemukan di tempat kerja, tentu perusahaan membutuhkan orang-orang kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan masalah. Ini akan sangat berguna untuk membangun perkembangan perusahaan lebih cepat.

4. Suka tantangan

Hal yang paling penting juga untuk fresh graduate adalah suka tantangan. Tantangan ketika ada masalah, ketika diberikan tugas yang berat, atau ketika perusahaan membutuhkan bantuan kamu dimana kamu harus dapat mengatasi itu.

Misalnya ada job yang menumpuk yang biasanya tidak banyak orang bisa menyelesaikan, kini kamu dapat menyelesaikannya dengan penuh tanggung jawab dan kerja keras. Karakter inilah yang banyak dibutuhkan di setiap perusahaan. Dikasih kerjaan ini, sikat, kerjaan itu sikat juga.

5. Bertanggung jawab

Karakter dari fresh graduate biasanya masih males-malesan karena terbawa oleh suasana kampus. Inilah kenapa rasa tanggung jawab harus kamu terapkan sedini mungkin agar kamu terlihat seperti sosok yang dapat diandalkan. Kalau rasa tanggung jawab kamu kurang atau bahkan tidak ada, perusahaan yang kamu tempati pasti akan melakukan pertimbangan sekali lagi.

Bertanggung jawab pada segala hal, mulai dari diri sendiri hingga bertanggung jawab terhadap perusahaan.

6. Menguasai bahasa asing

Poin penting yang terakhir agar kamu dapat segera diterima di perusahan adalah dapat menguasai bahasa asing, entah itu inggris, mandarin, jerman, jepang, atau Korea. Ini akan menambah nilai plus di mata perusahaan jika kamu pandai dalam berbahasa. Karena banyak sekali direktur yang berasal dari luar negeri.

Penguasaan bahasa asing memang tidak selalu menjadi permasalahan, ini hanya nilai tambah saja dan tidak mutlak.

Related Articles

Leave a Comment