10 Marketplace Untuk Jualan ke Luar Negeri

Marketplace menjadi salah satu tempat untuk jualan baik keluar negeri atau di dalam negeri. Saat ini banyak seller menjual dagangan mereka secara online mulai dari alat elektronik, fashion, mobil, dan bahkan cabai juga dijual secara online sekarang ini.

Memang marketplace menjadi wadah yang cepat untuk mengenalkan produk kita kepada pembeli. Selain aman juga sudah terpercaya bahwa marketplace memiliki sistem agar seller dan buyer tetap merasa nyaman.

Anda sebagai seller ingin memperluas jualan anda sampai ke luar negeri?

Pasar di Indonesia sudah sangat bagus, namun bila anda ingin memiliki pengalaman atau mencari alternatif lain untuk berjualan agar lebih banyak mendapatkan profit dan secara umum bisa memperluas jangkauan secara globa, berikut ini marketplace yang bisa anda coba.

10 Marketplace Untuk Jualan ke Luar Negeri

Marketplace untuk jualan ke luar negeri:

1. Amazon

Amazon.com, Inc. adalah perusahaan teknologi multinasional yang bermarkas di Amerika yang berbasis di Seattle, Washington, yang berfokus pada e-commerce, cloud computing, streaming digital, dan kecerdasan buatan yang didirikan oleh Jeff Bezos sejak tahun 1996 sampai sekarang.

Amazon merupakan e-commerce terbesar di dunia yang hampir menguasai seluruh Eropa. Target perusahaan ini memang berada disana jika dibandingkan dengan Alibaba yang berada di Asia.

Nah, perusahaan ini juga memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin jualan online ke luar negeri. Namun, anda tetap harus tahu terlebih dahulu step by step untuk berjualan disana. Karena e-commerce ini sangat ketat sekali, dari pendaftarannya saja memerlukan beberapa dokumen penting seperti NPWP yang jarang orang punya.

2. Walmart

Tidak berbeda jauh dengan Amazon Walmart juga merupakan perusahaan ritel multinasional Amerika yang mengoperasikan jaringan hypermarket, department store, dan toko grosir, yang berkantor pusat di Bentonville, Arkansas. Pendiri pertama adalah Sam Walton pada tahun 1962, dan Walton Family sekarang memegang saham sebesar 50%.

Untuk bergabung di marketplace ini sedikit ribet anda diwajibkan untuk mengisi formulir yang panjang dalam proses pendaftaran. Nah, Walmart ini lebih banyak diperuntukkan untuk anda seorang pengusaha yang ingin menjual barang keluar negeri. Dan bagi perorangan lebih baik menggunakan marketplace yang lain.

3. Ebay

Ebay merupakan marketplace pilihan baik mau jadi dropshipper atau seller. Didirikan oleh Pierre Omidyar pada tahun 1995 Ebay kini menjadi perusahaan commerce multinasional Amerika yang berbasis di San Jose, California, yang memfasilitasi penjualan konsumen-ke-konsumen dan bisnis-ke-konsumen melalui situs webnya.

Dari sisi tampilan sangat smooth seperti tampilan marketplace Shopee dan Tokopedia. Anda bisa menjual apapun disini. Tentu ini menjadi saran terbaik dari marketplace yang lainnya untuk menjual barang ke luar negeri.

4. Google Express

Sekarang ini Google sedang mengembangkan juga e-commerce dengan sebutan Google Express. Entah apa yang membuat google merambah ke bisnis e-commerce dengan membuat marketplace sendiri. Tapi memang dengan adanya hal tersebut google dapat menguasai pangsa pasar penjualan dan pembelian di seluruh dunia. Mungkin ini adalah salah satu strategi bagi Google untuk terus berkembang.

Anda yang mau jualan di Google Express juga bisa, malah lebih gampang lagi karena Google hanya membutuhkan data seperti KTP, NPWP, dan Toko di Google Express.

5. Etsy

Berbeda dengan situs e-commerce lainnya di Etsy anda hanya akan menemukan barang-barang seperti barang-barang buatan tangan atau vintage dan perlengkapan kerajinan. Barang-barang ini termasuk dalam berbagai kategori, termasuk perhiasan, tas, pakaian, dekorasi dan furniture rumah, mainan, seni, serta perlengkapan dan peralatan kerajinan.

Didirikan oleh Josh Silverman yang berpusat di Brooklyn, New York, United States pada tahun 2005.

Tentunya jika anda ingin berjualan di platform ini akan terkena biaya listing, dan dikenai biaya transaksi sebesar 5% dari transaksi anda.

6. Alibaba.com

Alibaba Group Holding Limited, juga dikenal sebagai Alibaba Group dan alibaba.com, adalah perusahaan teknologi multinasional China yang mengkhususkan diri dalam e-commerce, ritel, Internet, dan teknologi. Perusahaan ini sering menjadi salah satu tempat importers dan exporters berada. Sudah lebih dari 10 negara yang bergabung dengan Alibaba Group termasuk Indonesia. Jika anda ingin berjualan barang dari Indonesia ke luar negeri, situs inilah yang paling cocok untuk target Asia.

7. Target.com

Target Corporation adalah perusahaan ritel Amerika. Ini adalah pengecer terbesar ke-8 di Amerika Serikat, dan merupakan komponen dari Indeks S&P 500.

Pergerakan marketplace ini hampir sama seperti Tokopedia kalau di Indonesia. Mereka bergerak di kategori umum, misalnya baju, alat elektronik, hewan, furniture, dan masih banyak lagi lainnya.

Ini bisa menjadi salah satu tempat buat anda yang ingin menjual barang ke luar negeri. Saat ini target.com lebih banyak dikenal di kawasan Eropa.

8. AliExpress

Ini juga merupakan e-commerce yang berada dibawah naungan Alibaba Group. Saat ini sudah mendukung lebih dari 10 bahasa dari berbagai negara besar seperti Jerman, Jepang, Arab. Sayangnya mereka tidak memiliki bahasa untuk Indonesia, karena Lazada yang berada dibawah naungan Alibaba sudah tenar di Indonesia, tidak mungkin kalau akan memasukkan AliExpress ke Indonesia juga.

Nah, kecuali anda anda masih tetap ingin berjualan barang ke luar negeri selain memakai situs Alibaba.com bisa menggunakan AliExpress.com.

9. Wayfair

Jika Anda menjual dekorasi rumah, furniture, kasur, atau barang rumah tangga lainnya, Wayfair bisa menjadi tempat yang tepat untuk menjual produk Anda. Diluncurkan hampir 17 tahun yang lalu, situs ini memiliki lebih dari 11 juta pengguna aktif.

Cara menjual di Wayfair: Wayfair beroperasi sebagai model dropship dan menyebut penjual pihak ketiga sebagai “mitra”. Ketika pembelanja memesan di Wayfair, Wayfair meneruskan pesanan ke gudang Anda, lalu Anda memilih, mengemas, dan mengirimkan pesanan ke pelanggan – sementara Wayfair menanggung biaya pengiriman.

10. Newegg

Newegg adalah pasar online untuk elektronik dan perangkat keras. Dengan lebih dari 40 juta pelanggan di 20 negara, Newegg adalah pasar elektronik online teratas. Jika Anda menjual elektronik atau perangkat keras, Anda harus menjualnya di Newegg.

Cara menjual di Newegg: Untuk mendaftar untuk menjual di Newegg, isi Aplikasi Penjual. Setelah Anda disetujui, Anda dapat mencantumkan produk Anda dan mulai menjual. Anda dapat mengirim pesanan sendiri atau menggunakan SBN (Dikirim oleh Newegg). Newegg membayar penjual setiap minggu.

Leave a Comment