Peluang Bisnis Online di Masa Pandemi

Peluang Bisnis Online di Masa Pandemi – Di masa pandemi pemerintah menganjurkan untuk di rumah saja, baik yang bekerja maupun yang bersekolah. Hal ini berdampak pada berbagai aspek di kehidupan masyarakat, terutama dalam bidang pekerjaan. Banyak karyawan yang diputus masa kerjanya dan ada juga karyawan yang dipotong gajinya, sehingga berakibat dengan berkurangnya pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari. Sedangkan semakin tingginya kebutuhan menuntut kita untuk bisa mendapatkan pemasukan yang stabil. Selain itu kebutuhan sekunder yang lain juga meningkat menjadi kebutuhan primer seperti, pulsa dan kuota. Hal ini dikarenakan segala aktivitas dan komunikasi hanya bisa dilakukan secara online.

Meningkatkan penggunaan internet untuk komunikasi dan aktivitas online, maka meningkat pula permintaan pelayanan barang dan jasa secara online. Sehingga banyak yang memanfaatkan sebagai ladang bisnis yang bisa menghasilkan uang. Dengan menggunakan internet segala hal yang dibutuhkan lebih mudah dicari ataupun ditemukan. Bisnis tanpa modal besar dan tanpa memakan biaya pemasaran yang tinggi dapat dilakukan sebagai salah satu strategi untuk memulai bisnis. Strategi ini masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang belum paham tentang dunia maya. Bisnis tanpa modal besar tentu saja ada banyak dan untuk pemasarannya cukup dengan menggunakan market place atau sosial media.

Peluang bisnis online di masa pandemi

peluang bisnis online di masa pandemi

Dengan semakin berkembangnya era digital, peluang bisnis online di masa pandemi lebih mudah diciptakan dan lebih fleksibel. Bisnis secara online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, selain itu jenisnya pun bermacam-macam. Berikut beberapa macam bisnis secara online yang sedang populer saat ini :

Menjadi Reseller atau Dropshipper

Reseller dan Dropshipper merupakan seseorang menjual produk orang lain. Meskipun sama-sama menjual produk orang lain, tetapi reseller dan dropsipper memiliki perbedaan. Reseller sendiri menjual produk orang lain dengan menyediakan fisik barang/menyetok barang dalam jumlah banyak dan banyaknya barang yang dibeli mempengaruhi harga beli yang didapat. Sedangkan dropshipper menjual produk orang lain tanpa perlu menyediakan stok barang, atau produk yang tersedia hanya sesuai pesanan konsumer. Bisnis sampingan ini menjadi bisnis yang paling diminati oleh semua kalangan termasuk anak muda. Termasuk bisnis yang mudah dilakukan tanpa perlu repot-repot merencakan konsep.

Keuntungan menjalankan bisnis ini antara lain, bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tidak perlu merencanakan konsep, besar/kecilnya laba dapat diatur sendiri sesuai selisih harga tertentu, cukup dipasarkan melalui media sosial. Bisnis menjadi reseller atau dropshipper tidak perlu takut merugi karena barang yang dijual merupakan barang yang laku atau barang yang sudah dipesan konsumer. Untuk memulai cukup dengan memastikan kualitas barang, harga, dan kepopulerannya.

BACA: Panduan Sukses Bisnis Online[Terlengkap]

Menjual Frozen Food

Menjual frozen food menjadi salah satu peluang bisnis online di masa pandemi yang menguntungkan. Hal ini dikarenakan banyak restoran dan cafe yang tutup atau buka dengan batas waktu tertentu selama masa pandemi. Selain itu dengan anjuran di rumah saja, pengunjung atau pembeli makanan di tempat menjadi berkurang. Meskipun demikian kuliner tetap diminati semua orang karena menjadi kebutuhan pokok. Situasi ini dapat menjadi peluang pasar yang menguntungkan dengan strategi menjual produk frozen food.

Produk frozen food cukup banyak diminati konsumer karena dapat bertahan lama dan juga dapat diolah lagi. Sistem penjualannya menggunakan sistem pre order guna meminimalisir resiko kerugian. Dan juga bisnis ini dapat dilakukan dirumah tanpa perlu memiliki restauran, sehingga sepinya pengunjung cafe atau restauran tidak akan mempengaruhi penjualan. Pemasarannya pun cukup dengan memasang promo di media sosial dengan mencantumkan nomor telepon.

Pemasaran Afiliasi

Pemasaran Afiliasi hampir sama seperti seorang dropshipper karena sama-sama menjualkan produk orang lain. Tetapi pemasar afiliasi dan dropshipper memiliki perbedaan yaitu, seorang afiliasi mendapatkan keuntungan berupa komisi dari penjualan barang sekitar 20-50%. Sedangkan dropshipper dapat mengatur keuntungannya sendiri dari hasil penjualan barang. Selain itu sebagai pemasaran afiliasi tentu lebih terikat dengan perusahaan tertentu. Cara pemasarannya menggunakan website sendiri yang memiliki pengunjung banyak.

Produk yang biasanya digunakan pada afiliasi adalah seminar, training, penjualan ebook, dan lain-lain. Bagi seseorang pemula yang ingin terjun ke dunia bisnis secara online, menjadi pemasaran afiliasi tergolong bisnis yang masih awam. Tetapi sudah banyak pebisnis yang sukses dengan mempelajari ilmunya.

Baca: Bisnis Online untuk Sampingan Ibu Rumah Tangga

Blogger

Pada jaman serba canggih, peluang bisnis online di masa pandemi tanpa modal besar tetapi menguntungkan bukan lagi hanya terori, tetapi sudah jadi kenyataan. Tidak hanya berbisnis dalam bidang fashion, menjadi seorang blogger juga tidak memerlukan modal tetapi dapat menghasilkan uang. Bisnis blogger biasanya diminati oleh seseorang yang gemar menulis atau merangkai tulisan. Platform menyediakan media untuk menuangkan tulisan yang bermanfaat, menarik, dan unik sehingga mendatangkan banyak visitor blog.

Berbagai macam tulisan seperti, tentang karya sastra, wisata, kuliner, politik, atau teknologi dapat di tulis dalam platform ini. Semakin tinggi trafik dan minat visitor, maka semakin tinggi pula pendapatan. Cara mempromosikannya pun cukup beragam, bisa dengan membagikan tulisan melalui media sosial ataupun bekerja sama dengan website dari google adsense. Blog dapat di banned bila diketahui melakukan kecurangan.

Freelance Writer

Peluang bisnis online di masa pandemi yang banyak disukai, bisnis ini tergolong mudah dan tanpa modal. Bisnis secara online yang sangat cocok bagi yang suka menulis, karena sebagai freelance writer cukup dengan memiliki kemampuan menulis yang bagus untuk dapat menulis di website atau blog sesuai pesanan klien. Freelance writer dapat menghasilkan tulisan yang berkualitas dan menarik dengan kata kunci yang dimiliki. Tarif yang berlaku kisaran 6.500-80.000 per artikel sesuai dengan jumlah pesanan dan kemampuan penulis.

Jasa Kursus Online

Selama masa pandemi segala kegiatan hanya dapat dilakukan di rumah. Sepertinya proses belajar di rumah. Sehingga banyak yang menggunakan internet untuk mempelajari apa saja yang diinginkan. Peluang ini dapat dimanfaatkan dengan membuka jasa kursus online dengan menyediakan pengajaran yang berkualitas juga materi yang bagus serta mudah dicerna. Untuk dapat memulai bisnis kursus online, sangat perlu menguasai bidang tertentu hingga mahir. Dalam mempromosikan jasa dapat menggunakan website atau medial sosial yang dimiliki.

Selain beberapa bisnis diatas, masih banyak lagi bisnis yang dapat dilakukan secara online. Akan tetapi, bagi para pemula untuk dapat menciptakan peluang bisnis online di masa pandemi perlu memperhatikan beberapa hal untuk dapat menjadi pebisnis yang sukses. Hal perlu diperhatikan adalah mengenai produk yang akan dijual, memilih produk yang tepat dan sesuai passion diri sendiri. Kemudian mengenali kualitas produk dan harga di pasaran, membuat perencanaan dan strategi penjualan, tujuan kelas konsumer, dan mempublikasikan produk melalui website atau sosial media yang dimiliki untuk dapat memasarkan produk di masyarakat secara online.