15+ Peluang Usaha Rumahan di Desa Jangka Panjang

Peluang usaha rumahan yang berada di desa biasanya didominasi oleh kuliner. Untuk peluang usaha seperti furniture, produksi barang fashion, dan produk yang lainnya masih tergolong sangat minim. Nah, jika anda mencari peluang usaha jangka panjang di desa dengan modal yang minim bisa mengawalinya dengan usaha kuliner terlebih dahulu.

Jika lokasi anda sudah berada di daerah perkotaan bisa mencoba usaha rumahan dengan berbagai macam produk, misalnya sablon dan percetakan.

Selain itu untuk usaha rumahan di desa anda bisa menjalankan dalam usaha peternakan entah itu ternak ayam potong, petelur, ternak ikan nila atau ikan air tawar lainnya. Mungkin untuk hal peternakan memang cocoknya bagi kaum laki-laki. Lantas untuk perempuan apa dong? Kebanyakan perempuan lebih ke kuliner dan fashion, dan berikut ini peluang usaha rumahan yang patut dicoba.

15+ Peluang Usaha Rumahan di Desa Jangka Panjang

Peluang usaha rumahan di desa:

  • Keripik kentang
  • Jasa galon
  • Jasa pangkas rambut
  • Keripik tempe
  • Keripik singkong
  • Keripik pisang
  • Jualan lauk dan kue tradisional
  • Usaha jahit
  • Berjualan aneka bibit tanaman
  • Usaha service alat elektronik
  • Jualan pupuk
  • Usaha jualan tanaman hias
  • Ternak ayam petelur
  • Ternak ayam potong
  • Toko sembako / kelontong

1. Keripik Kentang

Kentang merupakan umbi yang sangat bagus digunakan untuk membuat keripik. Hampir semua jajanan ringan yang dijual di supermarket menggunakan bahan kentang. Menjadikan kentang sebagai olahan keripik adalah salah satu langkah yang benar untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Untuk anda yang berada di desa jika memiliki panen kentang yang banyak tidak ada salahnya untuk mengolahnya menjadi keripik. Anda bisa memberi bumbu rasa balado, sapi bakar, jagung manis, keju, dan masih banyak lagi.

2. Jasa Isi Ulang Galon Minum

Jasa galon memang tidak banyak orang yang berminat, namun jika anda berada di desa jasa galon ini sangat layak untuk dicoba. Meski tidak berada di desa, di daerah kecamatan pun anda bisa menjual jasa isi ulang minuman galon. Hanya saja untuk usaha ini dibutuhkan modal yang cukup besar untuk merakit mesin pengisi galon.

3. Jasa Pangkas Rambut

Anda yang memiliki keahlian dalam tata rias harus mencoba ide usaha yang satu ini. Karena tidak membutuhkan modal yang besar, anda hanya perlu memiliki skill memangkas rambut dan tempat untuk mendirikan usaha. Bahkan dari usaha memangkas rambut sudah banyak orang yang bisa membangun rumah sendiri dan bisa membeli mobil mewah. Tentu anda harus memiliki keahlian dalam memangkas rambut orang, sebab jika tidak jasa anda tidak akan laku.

4. Keripik tempe

Pernah dengar jajanan keripik tempe yang menjadi ciri khas dari sebuah daerah? Dimana tempe tersebut diiris tipis kemudian digoreng hingga kering dan kemudian diberi bumbu rasa balado, jagung manis, sapi panggang, dll.

Nah, jika anda berada di desa tempe bisa menjadi salah satu produk yang ciamik untuk memulai bisnis. Anda bisa memesan tempe ke orang lain dan kemudian mengolah kembali menjadi keripik tempe. Tidak membutuhkan modal yang banyak untuk usaha ini, hanya saja membutuhkan keahlian khusus dalam mengolah tempe jadi keripik.

5. Keripik singkong

Singkong merupakan umbi yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan kentang untuk bisa diolah menjadi jajanan yang menarik. Singkong yang notabene merupakan makanan murah bisa anda jual dengan harga mahal ketika menjadi sesuatu yang lebih baik. Nah, disinilah olahan keripik singkong menjadi saran bila anda ingin memulai usaha. Karena bahan baku yang murah, lalu anda bisa mengolahnya menjadi keripik yang dapat dijual mahal.

6. Keripik pisang

Selain singkong, kentang, tempe, pisang juga dapat diolah menjadi jajanan ringan yang enak. Ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, karena keripik pisang sudah ada sejak lama. Biasanya ketika lebaran tiba akan ada jajan keripik pisang yang tersedia di meja tamu.

Bila anda berada di desa dan sedang ingin membuka usaha rumahan tidak ada salahnya mencoba ide bisnis keripik pisang. Sebab, makanan ini hampir setiap orang menyukainya.

7. Jualan lauk dan kue tradisional

Jualan lauk dan kue tradisional akan sangat cocok dengan nuansa di desa. Anda bisa menjualnya di depan rumah atau di pasar. Tentu saja bukan hal yang mudah dalam membuat kue tradisional, namun jika anda memiliki keterampilan dalam memasak lauk atau membuat kue gunakan skill tersebut untuk mencari tambahan dollar agar ekonomi keluarga tetap berjalan.

8. Usaha jahit

Usaha jahit memang sekarang ini sudah sedikit orang yang menekuninya, terlebih lagi susah sekali mencari penjahit yang benar-benar profesional.

Nah, jika anda memiliki keahlian dalam menjahit dan desain jahitan anda benar-benar bagus, bisa membuka usaha menjahit. Prospek usaha jahit masih terbilang sangat bagus sekarang, meski sudah banyak orang yang meninggalkannya. Karena kadang dapat order kadang juga tidak, ini mah lumrah karena orang jualan tidak selamanya laku.

Bila anda benar-benar ingin menjadi penjahit, segera latihan sekarang juga. Karena menjahit tidak bisa instan langsung bisa, anda butuh kursus bila diperlukan.

9. Berjualan aneka bibit tanaman buah

Budidaya tanaman bisa dilakukan oleh siapa saja baik perempuan atau laki-laki. Jika anda berada di desa ini akan sangat bagus sekali jika anda terjun pada pengolahan khusus untuk bibit tanaman. Misalnya anda memiliki tanaman subur seperti terong, cabe, belimbing, dll.

Bila tidak ingin menekuni pada bibit tanaman buah anda bisa memilih untuk menekuni tanaman hias. Anda banyak sekali bibit tanaman hias seperti, Mawar, Baby Rose, Mona Lavender, dll.

Tergantung pada hobi anda yang mana, jika anda suka tanaman hias silahkan coba saja.

10. Usaha service alat elektronik

Service alat elektronik tidak banyak di desa, misalnya counter HP atau service mesin cuci, AC, dan TV. Nah, jika anda dari jurusan elektro pasti tidak akan sulit untuk mengatasi alat-alat semacam ini.

Hanya perlu kreatif saja dalam membuka usaha, karena dalam usaha kadang ramai kadang juga sepi.

11. Jualan pupuk

Sekarang ini tidak banyak orang yang minat mengolah sebuah bahan sisa menjadi sesuatu yang berharga. Padahal ada peluang besar disana yang menanti anda, misalnya pembuatan pupuk kandang yang tidak banyak orang suka.

Anda bisa membangun usaha pembuatan pupuk sendiri dirumah dengan memanfaatkan limbah dari ternak. Pembuatan pupuk kadang memang cukup rumit, namun jika kita tekun pasti akan membuahkan hasil. Hanya saja dalam usaha rumahan ini, anda akan menemukan kesulitan mulai dari stock limbah dan pemasarannya. Jika anda sudah memiliki relasi yang siap menampung produk anda itu akan lebih baik.

12. Usaha jualan tanaman hias

Sudah disinggung pada poin nomor 9, tanaman hias juga banyak sekali peminatnya terlebih lagi untuk mereka orang-orang kaya. Kebanyakan orang elite juga suka dengan tanaman hias, untuk mendekor agar lebih cantik rumah mereka.

Usaha rumahan yang satu ini pasti tidak akan ada matinya, sebab selain tidak membutuhkan perawatan khusus seperti ketika mengurusi ternak, mengurusi tamanan hanya sekedar rajin menyiram dan cek secara berkala saja.

13. Ternak ayam petelur

Paling cocok untuk anda yang suka dengan tantangan naik turunnya harga bahan pokok. Kadang sih memang peternak jatuh bangun, kalau lagi bagus ya bagus kalau lagi buruk ya buruk. Beternak ayam petelur harus tau dimana triknya agar ayam tetap stabil dalam menghasilkan telur. Sebab jika tidak tahu ilmunya ayam tidak akan bertelur secara sempurna, malahan stress dan membuat ayam tersebut tidak mau bertelur lagi.

Ini memang usaha bukan sembarangan, anda bisa jatuh rugi total. Namun, jika anda sudah tahu ilmu dalam beternak pasti bukan menjadi masalah lagi. Cara yang paling benar adalah bekerja pada orang lain terlebih dahulu untuk mendapatkan ilmunya, lalu anda bisa membuka usaha sendiri.

14. Ternak ayam potong

Tidak jauh berbeda dengan beternak ayam petelur, namun ini akan lebih mudah karena anda tidak perlu perawat yang ekstra dalam mengatasi ayam potong. Ayam hampir setiap hari dibutuhkan sebagai bahan pangan. Oleh sebab itu anda yang ingin mencoba beternak ayam potong lakukan dengan mencoba terlebih dahulu dengan bibit yang minim. Misalnya mencoba ayam potong 100 bibit terlebih dahulu, jika 100 bibit tersebut sukses anda bisa langsung menaikkan ke bibit yang lebih banyak.

15. Toko sembako / kelontong

Usaha rumahan baik di desa atau di kota, anda bisa membuka toko sembako. Ini memang terdengar klasik, karena hampir setiap rumah sudah banyak orang yang membuka toko, baik itu berisi jajanan anak atau bahkan bahan sembako.

Namun, anda tidak boleh meremehkan usaha toko kelontong karena ini meski hanya mengumpulkan recehan tetapi bisa memberikan pemasukan ekonomi pada diri anda. Mengurusi toko pun juga sangat mudah tidak perlu mikir yang berlebihan. Ini bisa menjadi usaha sampingan buat istri atau ibu-ibu yang sedang tidak ada kerjaan.

Leave a Comment