6 Penyebab Lamaran Kerja Tidak Dapat Panggilan

Melamar pekerjaan dan diterima oleh perusahaan menjadi salah satu tujuan pencari kerja. Namun, ada banyak sekali penyebab lamaran kerja ditolak bahkan tidak dapat panggilan. Alasanya bervariasi mulai dari VC yang kurang bagus, tidak memiliki pengalaman kerja, salah dalam format penulisan, dan sebagainya.

Penyebab yang begitu banyak tersebut harus diantisipasi agar tidak terjadi berulang kali. Memang banyak sekali persaingan, mulai dari pesaing yang memiliki pengalaman yang bagus, IPK bagus, dan bahkan ada orang dalam di perusahaan tersebut. Faktor inilah yang biasanya menentukan apa anda akan diterima atau tidak bekerja di perusahaan.

Untuk mensiasati kekecewaan ketika mendapat penolakan lamaran kerja, anda harus paham terlebih dahulu hal apa yang membuat lamaran kerja tidak dapat panggilan.

Penyebab lamaran kerja tidak dapat panggilan:

1. Syarat-syarat lamaran kerja tidak terpenuhi

Keteledoran menjadi penyebab yang banyak orang tidak sangka, misalnya lupa melampirkan KTP. Ini menjadi masalah yang cukup serius, karena data diri kita yang paling penting adalah KTP. Meskipun barangnya kecil tapi KTP sangat penting sekali dalam mencari pekerjaan.

Syarat inilah yang harus dipastikan ada dalam surat lamaran pekerjaan. Kalau ada syarat yang kelupaan kecil kemungkinan masih bisa diterima bekerja diperusahaan.

Jadi ketika melamar pekerjaan dimanapun anda harus perhatikan kelengkapan dari syarat melamar pekerjaan. Bila perlu cek 3 kali agar tidak ada barang yang terselip / kelupaan.

2. Tidak memiliki pengalaman kerja

Salah satu faktor yang menjadi tolok ukur dari pekerjaan ialah pengalaman bekerja. Memang menjadi polemic yang harus diwaspadai oleh anda yang fresh graduate. Jika melamar pekerjaan di suatu tempat dengan persaingan pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja yang lama, kecil kemungkinan dapat diterima.

Bagaimana mengatasi hal yang seperti ini? Carilah pekerjaan yang tidak membutuhkan syarat memiliki pengalaman kerja.

Ada banyak sekali perusahaan yang menerima dengan senang hari bagi para fresh graduate.

3. IPK kurang

Dari yang banyak persaingan dan tidak memiliki pengalaman kerja, IPK pun juga kurang. Dari sinilah anda mungkin akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena IPK yang tidak memenuhi syarat. IPK yang tidak mencapai syarat dalam melamar pekerjaan sudah pasti kena tolak.

Lantas bagaimana solusinya?

Tentu anda tidak akan menyerah begitu saja bukan meskipun IPK tidak tinggi. Maka carilah perusahaan yang tidak memakai syarat IPK, jadi perusahaan tersebut membutuhkan orang yang benar-benar memiliki skill yang bagus bukan IPK yang tinggi.

4. CV kurang menarik

Sekarang ini desain CV yang unik sudah tersebar di internet, banyak dari mereka menjual template CV. Meskipun tidak sepenuhnya mutlak CV yang menjadi tolok ukur diterimanya lamaran kerja, tetapi CV memiliki peranan yang sangat penting.

Kalau CV anda menarik sudah pasti HRD akan membacanya, kalau Cuma CV dengan background putih HRD sudah pasti malas membacanya. Untuk perbaiki CV anda semenarik mungkin, entah itu format mulai pendidikan, hobi, tempat tinggal, dan aktivitas semua bisa anda cantumkan.

5. Tidak mencantumkan informasi yang lengkap

Informasi yang tidak lengkap di dalam CV bisa menjadi salah satu penolakan lamaran kerja, jadi nya tidak dapat panggilan deh. Informasi seperti alamat rumah dan terlebih lagi kontak WA, telepon, atau email jangan sampai lupa, bagaimana bisa HRD menelpon / menghubungi kalian jika kontak yang bisa dihubungi saja tidak ada.

Dari sinilah anda harus cermat dan teliti ketika membuat CV, karena kalau CVnya salah anda tidak akan pernah mendapatkan panggilan kerja.

6. Format penulisan lamaran kerja yang salah

Banyak orang yang menulis format lamaran asal-asalan, tidak melihat contoh di Google atau tidak mengikuti saran teman. Format penulisan dalam melamar pekerjaan selalu harus diperhatikan sedini mungkin. Anda bisa melihat contoh format penulisan di media cetak atau bahkan di Google sudah bertebaran.

Dari hal tersebut bisa kita pahami betapa rumitnya mencari kerja. Oleh karena itu kesalahan seperti ini harus diperhatikan sedini mungkin agar anda bisa mendapatkan panggilan kerja.

Leave a Comment