Home Bisnis 10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis

10 Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis

by

Prospek kerja untuk lulusan dari jurusan manajemen bisnis dari tahun ke tahun masih menjanjikan. Pasalnya, di era industri 4.0 hampir setiap sisi perusahaan memerlukan tenaga kerja dari lulusan manajemen bisnis atau akuntansi. Prospek kerja lulusan manajemen bisnis tidak hanya di sektor perbankan, koperasi, atau marketing perusahaan. Tapi, dalam jurusan manajemen bisnis prospeknya lebih luas lagi.

Rata-rata untuk bagian ini anda bisa menjadi seorang manajer di perusahaan. Selain itu jika anda memutuskan tidak menjadi seorang karyawan anda bisa mendirikan perusahaan bisnis sendiri dan menjadi seorang wirausaha.

Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Jurusan Manajemen Bisnis

Pada masa perkuliahan anda akan menerima materi tentang bisnis dan dasar ilmu manajemen. Selanjutnya anda mendapatkan pengetahuan praktik dan keahlian di bidang produksi, manajemen mutu, dan manajemen proyek, dalam hal ini keahlian berkomunikasi lebih dominan dari pada lainnya.

Prospek kerja dan gaji lulusan jurusan manajemen bisnis

1. Manajer Produksi Industri

Tugas dari manajer produksi industry mengawasi jalannya kegiatan produksi yang dilakukan oleh karyawan / tenaga mesin setiap hari. Kemampuan yang harus dimiliki oleh manajer produksi ialah penyusunan informasi, berhitung, pemahaman analisis, sensitivitas masalah.

Gaji rata-rata berkisar 7-10 juta/bulan.

2. Spesialis Pencegah Kerugian Ritel

Menjadi spesialis di dunia ritel maksudnya adalah mencegah dari kerugian barang dagangan, khususnya dalam melakukan audit dan penyelidikan terhadap aktivitas karyawan. Banyak yang menyebutnya sebagai supervisor (SPV).

Untuk retail rata-rata dalam market seperti toko Indomaret, Superindo, dan Alfamart. Gaji rata-rata untuk SPV diatas UMR lebih sedikit. Karena untuk menjadi SPV dalam industri ritel seperti ini dibutuhkan jenjang karir / pengalaman, kalau tidak ada pengalaman susah naiknya.

3. Manajer Penjualan

Manajer penjualan adalah seseorang yang bergerak pada bidang perencanaan, mengarahkan, atau mengkoordinasi distribusi dari produk atau layanan pada pelanggan. Minimal untuk pekerjaan ini anda harus lulus S1, yang harus memiliki kemampuan bahasa inggris, koordinasi, penjualan dan pemasaran, kepekaan sosial.

Gaji rata-rata ketika anda menjadi manajer penjualan berkisar 10-14 juta/bulan.

4. Pengajar Bisnis

Pengajar bisnis berperan dalam dunia pendidikan yang biasanya mengajarkan tentang ilmu bisnis kepada mahasiswa. Topik yang biasanya diajarkan biasanya tentang akuntansi, keuangan, dan sumber daya manusia. Prospek ini menjadi salah satu pilihan jika bakat anda ialah mengajar dan bukan menjadi seorang wirausahawan. Tapi, banyak dosen yang nyambi menjadi seorang wirausahawan di sela-sela mereka mengajar.

Gaji menjadi pendidik di institusi pendidikan berkisar 5-7 juta/bulan.

5. Analis Manajemen Bisnis

Analisis manajemen bisnis bergerak pada lingkup analisa mengenai perusahaan/organisasi dalam hal prosedur, sistem operasional, sistem komunikasi, dan sistem yang lainnya. Profesi ini biasanya bertanggung jawab secara spesifik kepada bagian/divisi/program tertentu.

Skill yang harus dimiliki dalam bidang ini biasanya bahasa inggris, manajemen dan perencanaan strategi, analisis pasar, dan lainnya. Gaji yang diberikan sekitar 4-7 jutaan/bulan.

6. Manajer Perbankan

Sama halnya dengan manajer yang lainnya, untuk perbankan sendiri biasanya harus mengelola sumber daya manusianya menjadi lebih terorganisir. Pada bagian ini anda harus mampu mengawasi serta melakukan koordinasi kegiatan operasional, memimpin kegiatan pemasaran, memonitor kegiatan operasional, dll. Besar gaji yang ditawarkan tergantung pada wilayah, namun biasanya di antara 10-15 juta/bulan.

7. Staff Perbankan

Dengan lulusan manajemen bisnis anda bisa menjadi staff di bagian bank. Salah satu yang banyak diminati oleh wanita saat ini menjadi staff bank. Kemampuan berkomunikasi, ketelitian, dan kepercayaan diri yang tinggi selalu dibutuhkan dalam bidang tersebut. Prospek kerja ini sangat menjanjikan dan tentunya sangat selektif, untuk bisa menjadi staff bank anda harus memiliki prestasi akademik yang bagus.

Gaji rata-rata 5-6 juta/bulan.

8. Analisis Riset Pasar dan Spesialis Pemasaran

Meneliti dan menganalisis kondisi pasar nasional, mengumpulkan informasi untuk menentukan potensi penjualan sebuah produk/layanan. Menganalisis dalam sisi harga, penjualan, dan metode pemasaran untuk mencapai hasil yang maksimal.

Cukup merepotkan jika anda tidak pandai dalam analisis, namun jika anda suka tantangan pekerjaan ini pasti cocok untuk anda. Gaji yang ditawarkan 4-6 juta/bulan.

9. Manajer Umum dan Operasional

Manajer umum biasanya bertugas untuk merencanakan, mengkoordinasi, dan mengarahkan pelaksanaan di perusahaan baik swasta / negeri. Manajer umum dan operasional juga bertugas merumuskan kebijakan operasional, mengatur pelaksanaan harian, serta merencanakan penggunaan bahan dan sumber daya manusia. Gaji yang diberikan antara 7-11 juta/bulan.

10. Analis Riset Operasional

Profesi ini dibutuhkan dalam berbagai industri, yang biasanya memiliki tugas untuk menerapkan matematika, analisis statistic, merumuskan matematika, serta metode lainnya untuk membantu manajemen dalam membuat keputusan dan menentukan kebijakan. Gaji sekitar 4-7 juta/bulan.

Related Articles

Leave a Comment