Home Usaha 10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Supaya Profit Besar

10 Strategi Pemasaran Produk Makanan Supaya Profit Besar

by

Produk makanan untuk bisnis online menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk kalangan milenial. Dengan meningkatnya perkembangan teknologi semakin cepat kita dapat menemukan informasi yang lagi viral.

Ini membuat kita dengan mudah dapat melakukan berbagai trik / strategi untuk memasarkan produk sehingga mendapatkan untung yang banyak. Tidak heran, jika ada produk makanan baru dengan inovasi dan rasa yang berbeda dari sebelumnya banyak bermunculan.

Strategi Pemasaran Produk

Misalnya ayam geprek atau bakso lobster yang sebelumnya belum pernah ada. Lalu banyak variasi dari makanan tersebut dengan resep yang berbeda. Dari sinilah ketika produk kita viral akan banyak orang yang menirunya.

Untuk mengatasi hal itu kita harus pandai promosi dan memberikan produk yang terbaik untuk masyarakat.

Sebelum masuk pada pembahasan strategi pemasaran produk makanan, alangkah baiknya untuk tahu terlebih dahulu tips agar sukses bisnis makanan.

Tips sukses jualan makanan

Perbaiki kemasan

Menjalankan bisnis makanan hal yang paling utama adalah memperbaiki cover terlebih dahulu. Ya, tampilan memang menjadi daya tarik untuk para pembeli. Jika cover saja sudah tidak menyakinkan siapa yang mau beli produk anda.

Memperbaiki kemasan merupakan cara paling jitu untuk pemasaran produk makanan.

Berbeda halnya dengan barang elektronik kemasan pada umumnya seperti itu saja. Namun, pembeli tidak melihat pada kemasan, mereka akan lebih 99% pada performa dari barang elektronik tersebut.

Untuk itulah kemasan yang masih belum menarik segera buat semenarik mungkin.

Memiliki keunggulan rasa dari pesaing

Tidak sedikit orang yang menjual bakso, keripik, pecel dan yang lainnya. Pada hal ini anda harus memperhatikan keunggulan rasa dari competitor saat ini.

Jika pesaing hanya menggunakan satu rasa, cobalah berinovasi menggunakan berbagai rasa untuk menarik pembeli. Memang tidak mudah untuk menemukan rasa yang berbeda dengan yang lainnya, pastinya membutuhkan effort untuk mencoba berbagai resep.

Disinilah tantang untuk anda mencoba terus berinovasi meningkatkan kualitas produk makanan anda.

Harga bersaing

Masalah harga anda bisa menentukan sendiri, jika memang produk yang anda miliki memiliki kualitas nomor satu jangan sungkan untuk bersaing dengan harga lebih mahal dari kompetitor.

Jika memang rasanya masih standart lebih baik untuk memberikan harga yang sesuai dengan produk tersebut.

Contohnya seperti J.Co yang merupakan brand nomor satu untuk pembuatan kue donat. Satu kotak donat berisi 4 buah dijual hingga mencapai angka diatas 100 ribu. Namun, tetap saja ada orang yang membelinya. Ini membuktikan bila produk yang anda jual sudah terkenal akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan.

Dari gambaran inilah kenapa anda harus berani ambil nyali untuk jual mahal produk yang anda miliki.

Strategi Pemasaran Produk Makanan

1. Menjadi mitra dari Gojek dan Grab

Perintis usaha makanan memang memerlukan effort yang besar untuk mendapatkan pelanggan, tapi itu dulu. Sekarang ini dengan adanya bantuan mitra jasa pengirim dan pemesanan anda bisa mencoba mendaftarkan toko yang anda miliki pada mitra Gojek dan Grab.

Ini akan lebih mudah untuk meningkatkan jualan anda dari pada harus melakukannya dari mulut ke mulut.

2. Strategi whatsapp ke whatsapp

Saat ini whatsapp menjadi aplikasi chat nomor 1 di dunia. Dengan kinerja yang ringan dan tidak memiliki iklan.

Enaknya dengan menggunakan whatsapp anda bisa menawarkan kepada teman anda untuk mengendorse pada insta story. Misalnya memiliki 100 kontak, minta tolong saja kepada mereka untuk menawarkan produk makanan anda.

Tidak mungkin bila dari 100 kontak menolak semua, tentu hampir lebih dari 50% akan suka rela untuk menawarkan produk anda di insta story mereka. Bila strategi ini berhasil anda bisa memberi reward pada teman anda jika mereka berhasil membawa orang untuk membeli produk anda.

3. Youtube review

Menggunakan media Youtube video juga sangat efektif untuk mendongkrak pemasaran anda. Strategi pemasaran ini sudah banyak orang yang menerapkan. Ini gratis jadi anda bisa membuat review produk anda sendiri tanpa harus beriklan di televisi.

Tentunya anda harus memiliki subscriber yang cukup agar sukses mendapatkan pelanggan untuk membeli produk anda.

4. Pemasaran marketplace

Strategi pemasaran produk makanan untuk marketplace bisa dibilang hanya untuk produk makanan kering. Bisa saja untuk pemasaran produk makanan basah, namun hanya untuk bagian wilayah anda. Tidak mungkin juga anda mengirim produk makanan bakso ke daerah lain dengan estimasi 2 hari.

Pemasaran dengan menggunakan marketplace sangat efektif karena jika anda mendapatkan review positif (bintang 5) yang banyak, secara otomatis akan ada banyak orang yang berminat untuk membeli makanan anda.

5. Instagram endorse

Manfaatkan selebgram yang berasal dari kota anda sendiri. Tentunya untuk yang satu ini anda harus mengeluarkan uang sebagai biaya menyewa selebgram.

Alangkah bagusnya bila anda memiliki follower yang banyak juga, jadi tidak perlu repot-repot untuk menyewa jasa endorse dari orang lain.

Harganya sih bervariasi 250 ribu – 1 jutaan untuk endorse tergantung jumlah jangkauan follower. Pastinya akan lebih mahal jika followernya jutaan orang.

6. Soft saling timeline sosial media

Punya facebook, twitter, dan instagram jangan cuma untuk upload foto dan membuat status galau saja. Anda bisa menjual secara halus di timeline yang anda miliki. Cara ini sangat bijak dan tidak memerlukan effort yang tinggi.

Namun, targetnya hanya sebatas teman anda di Facebook, dan untuk Twitter dan IG hanya sebatas followers saja.

7. Beriklan di Facebook dan Google

Saat ini menggunakan jasa periklanan media besar sangat direkomendasikan. Cocok tidaknya untuk strategi pemasaran makanan tergantung prospek makanan yang anda jual.

Memang tidak sepenuhnya bagus / menguntungkan untuk menggunakan iklan Facebook dan Google dalam rencana pemasaran produk makanan, karena pemasaran dengan metode ini lebih banyak digunakan untuk menjual produk yang memiliki margin besar, contohnya produk kecantikan.

Kesimpulan

Strategi pemasaran produk makanan diatas tidak sepenuhnya akan berhasil jika dijalankan. Tentu anda harus tahu itu, karena metode setiap orang berbeda-beda. Ada yang suka menggunakan Marketplace dan ada juga yang sukses menggunakan Google Ads.

Strategi mana yang ingin anda jalankan? Ini semua tergantung dari keberanian anda untuk mencobanya langsung.

Untuk saran saja, produk makanan akan lebih efektif jika anda menggunakan endorse dan sosial media. Jadi tidak perlu harus beriklan di platform Google dan Facebook.

Related Articles

Leave a Comment