Tak Memiliki Pengalaman Kerja? Cantumkan 3 Hal Ini Saat Melamar

Memiliki pengalaman kerja sangatlah penting ketika kita ingin melamar dan mendapatkan pekerjaan. Karena pengalam seseorang akan dipertimbangan oleh perusahaan yang akan ditempati. Biasanya HRD mempertimbangkan hal ini untuk kesehatan di dalam perusahaan, kalau tak memiliki pengalaman kerja perusahaan yang akan dirugikan, karena sudah membayar orang yang tidak kompeten.

Nah, masalahnya bagaimana cara melamar pekerjaan yang tidak memiliki pengelaman kerja?

Ini sih hampir 80% mustahil akan diterima, kecuali kamu memiliki sertifikat, skill yang bagus ketika interview, dan kekuatan orang dalam.

Kalau fresh graduate bagaimana? Ini sudah lain cerita ya, kalau fresh akan mendapatkan pertimbangan karena akan di training (test) kemampuannya.

Tak Memiliki Pengalaman Kerja Cantumkan 3 Hal Ini Saat Melamar

Jika kamu sudah lama lulus dan sempat bekerja serabutan, tapi ingin melamar pekerjaan di perusahaan ada tips agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan. Tentunya kamu harus membuat CV yang sangat bagus dan menyertakan beberapa hal yang biasanya ini power ketika melamar pekerjaan. Apa saja hal tersebut berikut ini, lampiran yang harus kamu sertakan ketika melamar pekerjaan.

1. Sertifikat Magang

Ketika masa kuliah dan SMK pasti kamu pernah merasakan magang. Dari tempat magang tersebut akan mendapatkan sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk memperkuat lamaran pekerjaan.

Sertifikat inilah yang akan membantu, meskipun tak seberapa nilainya. Namun, jika itu merupakan sertifikat magang dari sebuah perusahaan besar akan menambah nilai plus. Kalau cuma sertifikat dari perusahaan kecil, kemungkinan tidak deh.

2. Sertifikat Course

Selain sertifikat magang kamu harus memiliki sertifikat kursus, misalnya kamu kursus coding, kursu bahasa jepang, atau bisa juga kursus dari platform ternama seperti Udemy. Nah, sertifikat inilah yang juga bisa menolong kamu ketika melamar pekerjaan.

Terlebih lagi jika kamu memiliki sertifikat TOEFL yang akan mempermudah kamu dalam melamar pekerjaan di luar Indonesia.

Banyakin memiliki sertifikat merupakan hal yang tepat jika kamu ingin sukses ketika melamar pekerjaan.

3. Pengalaman Magang

Ceritakan pengalaman kamu magang ketika dalam interview, ini sangat sempurna untuk menarik perhatian HRD. Nah, jika kamu pandai dalam memberikan review yang bagus kamu dapat dengan mudah menarik perhatian HRD sudah pasti kamu akan lolos tahap interview.

Tips untuk interview pekerjaan sudah kita bahasa pada artikel sebelumnya, jika kamu yang belum tahu bagaimana cara agar lolos ketika interview kerja bisa melihatnya.

4. Sertakan pengalaman volunteering

Pengalaman organisasi juga akan menambahkan kamu untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan, meskipun untuk tidak paten. Selain pengelaman organisasi ada jua pengalaman untuk ikut serta dalam melakukan kegiatan sosial. Pengalaman volunteer ini bisa kamu jadikan sebagai pengganti pengalaman kerja yang dapat kamu cantumkan dalam surat lamaranmu.

Hal ini akan menjadi nilai plus dalam perusahaan, sebab perusahaan membutuhkan orang yang aktif dan dapat bekerja dalam sebuah tim. Jika kamu mencantumkan pengalaman relawan kamu di CV kamu tentu peluang dapat diterima akan semakin besar.

5. Membuat CV semenarik mungkin

Selebihnya ada dibagian CV, buatlah CV yang bagus dibandingkan dengan yang lainnya. Ada banyak sekali contoh CV yang bertebaran di internet yang bisa kamu contoh desainnya. Bahkan ada template yang sudah siap pakai, dan tinggal di modifikasi saja.

Semestinya jika kamu maksimal dalam memberikan informasi yang ada di dalam CV dan CV kamu terlihat sangat indah, kemungkinan peluang diterima semakin besar.

Lengkapi CV kamu dan dapatkan pekerjaan segera

Nah, untuk mendapatkan pekerjaan saat ini memang tidak mudah karena persaingan juga semakin banyak. Untuk itu sedini mungkin kamu harus belajar mengasah skill entah itu dalam akademik dan non akademik. Misalnya kamu ingin menjadi developer, ya mulai dari sekarang sebisa mungkin untuk belajar cara menjadi developer yang handal, mulai dari belajar bahasa pemrograman Javascript, PHP, Python, serta beberapa keahlian HTML dan CSS.

Leave a Comment