Terjerat Hutang Pinjaman Online, Seorang Guru Lapor Ke OJK

  • Whatsapp



Guru les privat, bernama Kartiningsih, warga Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Jawa Timur, terjerat kasus hutang piutang dengan perusahaan fintech ilegal atau pinjaman online tidak terdaftar. Kasus ini berawal saat ia ingin membantu temannya, yang sedang membutuhkan uang. Kartiningsih kemudian didaftarkan sebagai nasabah fintech atau pinjaman online oleh temanya, pada bulan april 2018.

Setelah mendapatkan pinjaman 1 juta rupiah, teman korban menghilang dan tidak melakukan pembayaran hutang. Ia pun bingung karena perusahaan fintech terus menagih melalui telepon genggamnya dengan cara tidak sopan. Karena terdesak dan tak ingin menanggung malu, Kartiningsih akhirnya membayar hutang tersebut dengan melakukan pinjaman online ke aplikasi lainnya, hingga Ia terjebak hutang berantai kepada belasan aplikasi pinjaman online, dengan bunga dan denda yang berlipat.

Read More

Kasus hutang berantai dengan penagihan tidak sopan telah dilaporkan ke pihak Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Jember dan kini dalam penanganan tim satgas fintech. Pihak OJK meminta masyarakat untuk teliti sebelum memanfaatkan jasa pinjaman online, karena banyak jasa pinjaman online yang tidak terdaftar dalam website OJK. Bahkan pihak Kominfo telah memblokir seribu lebih aplikasi fintech tidak resmi selama sebulan terakhir.

source

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

38 comments

  1. Lapor pak pinjaman online Wadah pinjaman Saya sudah bayar tapi masi saja Sbar data, tlong di usut wadah pinjaman bunga besar Dan tidak sesuai dg yang dterima

  2. Ga ada alasan, buat buka pinjaman online, haram, Riba,
    ALLAH dan RASULULLAH menantang perang kepada pelaku riba.
    Bertaubat lah Bu, bertaubat lah

  3. Jangan suruh masyarakat nya teliti, hapus aja yg ilegal, yg terjerat itu rata² yg kurang mengerti, bukan orang² yang mengerti.

  4. Pihak Pinjol mestinya minta persetujuan dari pihak keluarga saya salah satu korban dari sipinjam online, ybs. Tidak sannggup bayar , kami menalang 60 jutaan, sipeminjam tadak minta ijin ke keluarga 😭😭

  5. Jadi inget jaman terlilit pinjol🤭 setiap hari streees mikirin Japo..tapi terimakasih ya buat yg waktu itu kenalin saya ke abang yg di google ini 081310649360 berkat anda saya kenal abang yg digoogle dan sekarang Alhamdulillah saya sudah lepas dari jerat pinjol

  6. Sharing masalah pinjol sama aku yuk, aku juga korban pinjol udah 4 bulan 30 apk aman2 aja, sini sharing sama aku wa: 087781781405

  7. Ini murni salah ibu, kenapa ibu mau pinjak online. Apapun alesannya meminjam online adalah salah ibu. Harusnya ibu konsultasi terlebih dahulu kepada keluarga yg mengerti akan hal tersebut. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua.

  8. emng bangke para pinjol..mesti di bubarkan.emng lintah darat gak ada yg bener pasti intimidasi org menengah ke bawah terus.harus di bubarkan.pemerintah kurang tegas.kelakuan para pinjol sudah berlebihan

  9. Lihat jdikan pelajaran.mungkin si ibu pengen lepas dari pinjol.sampai di luar kemampuannya.ia tinggal kan menyelesaikan kemampuan pengembalian.percuma pun kalau kalian ngatain orang dan gk bantu.kalau gk bantu mending diem aja tinggal nonton

  10. Banyak banget yg coment nyela dc ya😁😁😁
    Ia kalau hutang wajib di bayar.mungkin permasalahan ekonomi seseorang beda2.jadi kalau coment jangan sok gk pernah utang.

  11. Sepertinya OJk selalu jaga kandang.. Coba turun langsung BRANTAS SEMUA PINJOL SEKALIAN.

  12. Tapi setelah dipikir2 pinjol ini ga akan jd masalah seandainya yg pinjem itu bayar tepat waktu.

  13. Jd males minjemin duit ke orang. Udah ga pake bunga, ntar giliran gw nagih malah dilaporin ke ojk wkwkwk

  14. Sebenarnya gini ,kalau mau pinjam online itu harus bener2 matang, pinjam berapa yg memang sbnrnya kamu butuhhh, jangan lebih, misal butuh 1jt ya cukup 1 jt, dan itukan ada batas waktunya.. Liat kamu gajian tgl brapa?? Kalau kira² batas waktunya sudah tiba tapi kamu belum gajian? Lebih baik gausah pinjam,, karna kalau bayar telat kamu akan kena denda yg sangat besar, nah dari situla kamu akan mulai terjerat.. Dan notabane nya itu udalah hutang,pakai gaji kamu untuk bayar hutang! Jangan malah pinjam di pinjaman online laiinya itu yg akhirnya bikin kamuu terjerat… Memang mereka menawarkan sangat menarik! Tapi semua itu kembali kekita! Semua manusia membutuhkan uang! Ingat! Pakai gajimu untuk membayar hutang! Bukan malah meminjam di pinjaman online laiinnya! Dan sebelum meminjam hitung tgl brapa kamu gajian! Jangan sampai sudah batas waktu pembayaran tapi belum gajian, dan jgn coba2 meminjam hanya krna gaya gayaaan.. Setelah dilunasin pinjol nya brusaha lah hidup hemat, supaya gaji kamu dibulan itu cukup sampai akhir bulan.. Temen ku pernah kelilit, alhamdulillah sekrang udah keluar.. Batasi diri kalian teman

  15. Jika ada yg ingin gabung bersama saya untuk dibantu dan membantu meringankan hutang atau butuh modal. Bisa wa ke saya ya nanti di jelasin di wa.
    No wa 0895408819040

  16. ## Mohon Izin Share ##
    Berjuang Sendirian untuk Lunas Utang Itu Berat MAU dbantu berjamaah MELUNASI hutang?

    Mari kita saling tolong menolong dalam upaya Lunas Utang bersama di

    GHANIYU100

    Pelajari caranya disini:👇👇

    Silahkan klik link nya
    🙏🙏🙏

    https://www.ghaniyyu100.com/?id=Hendra29

    Salam berbagi berkah bersama ghaniyu100

  17. “Awalnya muncul tulisan merah aplikasi ini berbahaya…waktu itu saya ga ngerti maksutnya apa…”

    hah?

  18. bangsat orang tukang pinjem uang buat gaya hisup itu, sy mending sama sekali putus hubungan pertemanan dsripada makan hati

  19. gini lho, kenapa banyak yg sarankan gagal bayar. biar duit kita g dijadiin modal buat pinjol taik utk makan korban2 spt ibu ini…. apapun kasusnya ibu ini. jgn bacot bisanya cm salahin doank, doain doonk..

  20. Kenapa orang minjam ke Online… karena minjam sama temen. Sodara ga dikasih.

    Kenapa orang minjam uang ..? Karena kebutuhan mendesak. Ga punya simpanan.

    Kenapa ga punya simpanan… karena gaji kecil.. kebutuhan hidup meningkat. Gaji cukup buat makan.

    Pinjol tidak akan bisa berkembang jika rakyat indonesia sejahtera.. gaji cukup… sembako murah.. pendidikan murah.

  21. Bukan nya ini lintah darat?? Menyusahkan rakyat dengan bunga 20rb/hari apa faedah nya aplikasi pinjaman online jika menyengsarakan ?

  22. Kejadian ini juga menimpa teman saya,,teman anjing!!! Udah d bantu malah kabur

  23. Saya awal pinjem 5 Aplikasi trus lunas dan tergiur lagi sampe 17 Aplikasi dan bisa lunas Trus tergiur lagi sampe akhirnya 32 Aplikasi Dan berlangsung selama 6 bulan cuma gali lobang tutup lobang. Dan akhirnya sadar gak bisa keluar dari lingkaran setan. Saya akhirnya cerita sama keluarga semuanya dan alhamdullilah bisa lunas satu persatu dan sekarang tinggal 1 aplikasi aja. Cuma saran buat yang terjebak online jangan bayar hutang pake hutang lebih baik jual barang yang ada. Gara2 Hutang habis barang saya dan tabungan tapi alhamdullilah ini jadi pengalaman terbaik saya. Gara gara pola hidup saya sampai punya hutang 250 hutang Bank kartu kredit hutang teman dan pinjol. Sekarang tinggal lunasin hutang bank. Tetep semangat jangan menutup diri cerita masalah hutang ke keluarga yakin pasti ada jalan keluarnya.

  24. Koreksi sebelum berkata,nasib orang berbeda2 kalian blm merasakannya,cb klo itu terjadi pada ibu kita apa yg kalian lakukan,
    Cb klo kalian diposisinya
    Mngkn kalian bisa berkata2 spt itu,krn kalian tinggal menikmati kerja keras orang tua,..
    Semua hidup pasti ada hikmahnya