Home Properti 7 Tips Membangun Rumah Minimalis Menjadi Hunian yang Nyaman

7 Tips Membangun Rumah Minimalis Menjadi Hunian yang Nyaman

by

Membangn rumah minimalis memang memebutuhkan keahlian khusus agar bidang tanah bangunan menjadi sangat efektif dan digunakan seperlunya. Rumah minimalis modern banyak diminati oleh kalangan milenial saat ini. Dari harga membangun rumah 100 jutaan sampai yang 500 jutaan untuk desain model rumah minimalis.

Paling banyak diminati adalah bangunan dengan ukuran 10 × 15, dan biaya pembangunan rumah ukuran 10 × 15 bervariasi sekitar 300 jutaan – 1 miliar. Ini belum termasuk furniture yang ada di dalam rumah.

Apa sih yang menjadi salah satu faktor bagus atau tidaknya sebuah bangunan? Tentu bukan hanya pendanaannya yang mahal, melainkan ada faktor lain seperti warna cat, desain, dan bahan bangun yang digunakan.

Tips Membangun Rumah Minimalis Menjadi Hunian yang Nyaman

Dan berikut ini tips membangun rumah minimalis yang bisa anda terapkan:

1. Sesuaikan budget

Anggaran menjadi tolok ukur desain bangunan yang akan digarap. Ketika anda memutuskan akan membuat bangunan rumah minimalis pastinya harus benar-benar hemat. Perkirakan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan jika anda membangun rumah.

Mungkin ini sudah tidak perlu dibahas lagi, karena setiap orang yang akan membangun rumah pasti sudah mengatur berapa banyak bahan dan kebutuhan lainnya untuk membangun rumah.

Mencari orang yang paham dengan ukuran rumah anda merupakan solusi yang tepat. Jika anda tidak bisa memperkirakan jumlah pengeluaran bangunan, lebih baik lagi kalau meminta tolong kepada orang yang sudah berpengalaman.

2. Mencontoh desain dari rumah orang lain

Merancang desain sendiri itu sangat susah dan melelahkan, kalau hanya sekedar penempatan ruangan bukan menjadi masalah. Berbeda lagi untuk sebuah desain yang harus diusung penerapan bangunan, misalnya desain bagian depan bentuk seperti bangunan orang eropa. Dan untuk bagian dalam anda bisa mencontoh milik sahabat yang telah selesai membangun rumah.

Ini memang sedikit absurd karena desain harus mirip dengan rumah orang lain, namun ada cara untuk mengakalinya, yaitu dengan modifikasi. Dengan memodif desain orang lain anda sudah menghemat tenaga dan pikir untuk merancang dan mengembangkan desain sendiri.

3. Lakukan riset bahan bangunan

Melakukan riset bahan bangunan sangat penting untuk meminimalisir pengeluaran anggaran yang banyak. Riset terlebih dahulu harga setiap kebutuhan bahan yang akan digunakan, cara ini agar tidak ada kebocoran dana sehingga anda harus mencari uang tambahan untuk bahan bangunan.

Belilah pada toko bangunan yang benar-benar bagus kualitasnya, karena sekarang ada banyak sekali bahan bangunan yang mudah rontok. Carilah dari toko ke toko perbandingan jumlah harga bila perlu, agar anda juga dapat menyesuaikan anggaran dengan baik.

4. Gunakan kuli yang profesional

Membangun rumah itu tidak ala kadarnya seperti membuat mainan dari tanah liat. Namun, rumah menjadi salah satu aset yang berharga, karena ditempati oleh manusia. Kalau rumah tersebut tidak kokoh hanya akan membahayakan penghuni rumah. Dari sinilah anda bisa menemukan kuli atau pekerja bangunan yang benar-benar bagus dan profesional, yang mereka benar-benar kerja.

Karena rumah harus dibangun secara bertahap, perlunya untuk menemukan kuli yang bagus itu nomor satu. Kuli yang bagus bisa dilihat dari pengerjaan yang sesuai target dan hasilnya bangunan rapi.

Ini menjadi polemic setiap orang dalam membangun rumah, karena di beberapa tempat kulinya sangat buruk dan rumah yang ditargetkan harus jadi dalam 3 bulan molor sampai 6 bulan, ini hanya akan membuang anggaran saja.

5. Lahan bangunan yang cukup

Dari semua poin yang sudah kita bahas, bahan bangunan juga menjadi poin yang sangat penting. Rumah minimalis biasanya berukuran 6 × 9, 7 × 9, 9 × 12, dan 9 × 15 yang bisa anda pilih. Untuk budget 200 jutaan bisa memakai ukuran 7 × 9 yang cukup luas untuk sebuah bangunan rumah.

Namun, jika anda memiliki dana lebih bisa memilih untuk 9 × 15 meter yang diperkirakan akan memakan anggaran 500 juta rupiah. Untuk rumah berkonsep minimalis ukuran seperti itu sebenarnya sudah menjadi rumah yang mewah.

6. Membangun rumah secara bertahap

Tentu membangun rumah tidak langsung jadi, harus melalui tahap demi tahap agar hasil maksimal. Cara membangun rumah secara bertahap adalah dengan memperkirakan per bulannya harus sudah selesai di bagian tertentu sebuah rumah. Misalnya, untuk bulan pertama harus selesai pondasi dan tembok 3 meter, di bulan kedua harus selesai pengecoran, dan dibulan ke 3 finishing.

Ini semua harus direncanakan agar proses membangun rumah secara bertahap berjalan dengan lancar. Jika tidak demikian akan molor terus sampai anda kehabisan anggaran dana untuk membangun rumah.

7. Memilih furniture yang sesuai

Furniture rumah memang penting, namun bukan berarti mutlak harus memakai barang yang mahal. Nah, ini sih selera masing-masing orang untuk bagian furniture, tapi anda harus memakai furniture yang cocok dengan desain rumah anda. Agar terlebih lebih cantik nan indah ketika orang melihat rumah anda.

Tidak harus barang mahal yang penting bagus itu aja sih.

Related Articles

Leave a Comment