Home Properti 6 Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

6 Tips Mendesain Interior Rumah Minimalis yang Nyaman dan Menarik

by

Mendesain interior rumah minimalis dan simple selalu menjadi bahan pertimbangan ketika ingin merenovasi atau membangun rumah. Terlepas dari bahan dan luas tanah yang dimiliki perlu merancang desain yang kreatif untuk sebuah rumah idaman. Setiap bagian sudut ruangan harus ditata seindah mungkin untuk mendapatkan tampilan yang elegan.

Pada umumnya rumah minimalis menggunakan cat tembok berwarna monokrom. Jika warna putih menurut anda terlalu polos, dapat menambahkan wallpaper kayu atau batu alam bermotif yang digunakan sebagai asken.

Banyak orang dalam hal desain rumah memang tidak begitu menguasai, namun bisa belajar sedikit-sedikit. Tapi, kalau mau lebih bagus sih ya harus menyewa orang agar memiliki tampilan yang lebih menarik.

Nah, dari pada menyewa orang duitnya disimpan saja dan berikut ini tips mendesain interior rumah minimalis yang menarik.

Tips Hemat Mendesain Interior Rumah yang Menarik

Tips mendesain interior rumah minimalis:

1. Menggunakan cat yang tepat

Cat menjadi hal pertama paling penting untuk mendesain interior rumah. Dengan menggunakan cat yang tepat anda bisa menyesuaikan berbagai item dan fungsi lainnya di setiap rumah. Perlu diketahui bahwa pemilihan cat rumah yang bagus tidak didasari oleh selera masing-masing orang, kecuali jika itu kamar pribadi.

Memilih cat yang benar akan menghasilkan tampilan rumah yang maksimal, bahkan jika didalamnya tidak tersedia item yang banyak. Gunakan pewarnaan yang elegan seperti biru muda, abu-abu, atau putih.

2. Meminta bantuan orang lain

Mintalah pendapat orang lain tentang desain yang sedang anda gagas, misalnya kepada anak atau teman sendiri. Ini akan lebih efektif jika anda harus memikirkan semua desain sendirian. Selain itu anda juga bisa meminta bantuan untuk pengerjaan sehingga akan lebih hemat biaya.

Ada baiknya orang-orang yang selalu berkunjung kerumah anda, dan ini akan lebih efisien jika dibandingkan dengan dikerjakan oleh tukang.

3. Hiasi dinding dengan material kayu

Jika anda merasa rumah terlalu polos bisa mendesainnya lebih menarik dengan hiasan wallpaper atau foto. Meskipun ini tidak mutlak menjadi salah satu bahan untuk mempercantik ruangan anda. Sebenarnya meskipun polosan akan lebih menarik dibandingkan dengan hiasannya yang berlebihan.

Menggunakan solid wood adalah pilihan yang bagus, ini merupakan material paling aman yang dikenal banyak tukang kayu terlebih lagi jika dioven dengan finishing water based paint atau non-toxic.

4. Maksimalkan pencahayaan

Pencahayaan yang tepat juga akan menghasilkan tampilan yang sangat indah. Gunakan lampu yang menurut anda bagus, misalnya lampu Philips. Bisa juga menambahkan lampu LED berwarna yang untuk menghiasi bagian dalam rumah agar tampak lebih modern. Tentu saja ini menyesuaikan kebutuhan yang ada jika menggunakan lampu berlebihan hanya akan menjadi beban listrik saja.

Memang cahaya menjadi salah satu titik fokus yang harus diperhatikan, tapi tetap harus sesuai dengan keperluan.

5. Gunakan item furniture yang menarik

Item furniture yang menarik tidak harus mahal, nah anda bisa menambahkan sofa, kursi, meja sesuai dengan cat dinding yang anda gunakan. Misalnya anda memakai dinding berwarna monokrom, anda bisa menambahkan warna monokrom juga. Agar lebih elegan gunakan saja cat rumah berwarna putih, ini sangat proporsional untuk segala macam warna dari furniture.

6. Ciptakan suasana bersih

Ini sih memang bukan hal yang harus dibahas, namun perlu anda ketahui bahwa rumah yang bersih akan tampak lebih cantik. Selain keselarasan antara cat dan furniture anda harus menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Selain kebersihan anda harus memperhatikan interior apa saja yang bisa di taruh di dalam ruangan. Jangan terlalu memaksakan menaruh interior karena hanya akan membuat ruangan terlihat sempit dan membuat kesan jenuh dalam ruangan.

Related Articles

Leave a Comment