Home Bisnis 10 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Potensial Tahun 2020-2021

10 Usaha Sampingan Karyawan Pabrik yang Potensial Tahun 2020-2021

by

Usaha sampingan untuk karyawan biasanya hanya usaha yang dimulai dari sebuah hobi. Misalnya kalau anda adalah seorang karyawan pabrik yang suka dengan kegiatan editing foto, dari sinilah jika anda memiliki kualitas editing yang bagus bisa membuka jasa editing foto.

Pada dasarnya usaha sampingan tidak sampai memakan waktu 5 jam, karena kalau sudah lebih dari itu bukan lagi usaha sampingan, melainkan pekerjaan full time. Ya, usaha sampingan setidaknya tidak menyita waktu kita di pekerjaan full time. Jadi bisa dikerjakan kapan saja ketika ada sela-sela waktu.

Dari pada digunakan untuk hal yang tidak baik, lebih berarti jika anda mencoba usaha sampingan untuk karyawan pabrik. Ini tidak hanya untuk karyawan pabrik saja, melainkan untuk semua karyawan yang bekerja di bank, kantor, atau bahkan pegawai dinas.

Usaha Sampingan Karyawan Pabrik

Usaha sampingan karyawan pabrik:

1. Jualan online

Ini adalah hal umum yang sudah banyak orang lakukan saat ini. Ketika marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Shopee, sudah menjamur dimana-mana, anda harus tahu bahwa jualan ini merupakan peluang bagi seller.

Jika dahulu kita menjual barang harus memiliki website pribadi, sekarang ada marketplace yang lebih dipercaya dibandingkan jika harus memiliki website sendiri.

Ada jutaan marketer yang sukses berbisnis online lewat online. Beberapa contoh produk ini mungkin bisa anda coba:

  • Perlengkapan bayi
  • Baju, kaos, celana, sepatu
  • Parfum
  • Produk elektronik
  • Aksesoris Youtube, dan lainnya.

2. Jasa desain foto

Mendesain membutuhkan keahlian yang bagus, entah itu tentang vektor, abstrak, nature, dll. Bila anda ahli dalam bidang tersebut bisa mencoba untuk menawarkan jasa kepada orang lain. Harganya untuk di Indonesia memang tidak sepadan dengan kerja keras kita, namun bila anda ingin dihargai dengan harga yang tinggi cobalah menawarkan keahlian anda pada orang asing.

Misalnya anda bisa gabung di grup Facebook, Forum, Komunitas, dan lain sebagainya. Kalau untuk platform jual beli jasa semacam ini bisa melirik ke Fiverr, Freelancers, Upwork, Toptal, dll.

3. Jasa edit video

Punya skill edit video yang apik? Nah, anda bisa menawarkan jasa ini kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya, edit video untuk prewedding atau jika tidak edit video untuk promosi. Sekarang ini jasa apapun bisa menjadi uang, jika anda mampu mengambil peluang maka anda bisa sukses kapan saja.

Untuk memiliki skill editing yang bagus, minimal mampu mengoperasikan software seperti Adobe after effect, Adobe Premiere Pro, Adobe Photoshop, dan software lainnya.

4. Jasa percetakan undangan

Untuk percetakan undangan tidak akan pernah ada matinya loh, ketika musim kawin datang akan selalu laku untuk jasa yang satu ini. Dalam memulai usaha ini anda wajib memiliki perlengkapan cetak, seperti printer dan komputer. Komputer untuk mendesain undangan, dan printer sebagai alat cetak.

Modal yang dibutuhkan sekitar 10 jutaan, untuk 1 printer dan 1 setup komputer.

5. Jual beli barang bekas

Ini mungkin terdengar kuno, tapi masih ada kok orang yang suka jualan barang bekas untuk mencari untung. Misalnya sparepart sepeda motor, mobil, komputer, dan bahkan bisa saja anda menjual sparepart pesawat. Ya, tentu ini bukan sebuah candaan namun ketika anda sudah berpengalaman pasti tahu bagaimana cara mencari uang dengan hanya bermodalkan tekad.

6. Rental Play Sation (PS)

Rental PS masih membutuhkan modal / biaya, harga PS 5 sekarang ini sekitar 7-8 jutaan. Untuk bisa menarik perhatian orang tentu anda tidak akan memakai PS 1 karena ini adalah edisi lama. Minimal ada 5 PS anda sudah bisa duduk tenang mendapatkan uang setiap hari.

7. Les private anak sekolah

Kalau masalah ini bisa dikatakan hanya untuk anda yang bergerak di bidang pendidikan. Ya, walau anda karyawan pabrik kalau pintar matematika, bahasa inggris, fisika, dll bisa terjun untuk mengelola les private.

Nah, tips dalam usaha les private anda harus memilih les yang tidak tersedia di sekolah. Contohnya, bahasa mandarin, bahasa jepang, bahasa korea, atau bahasa jerman.

8. Jasa pengetikan / revisi

Kalau untuk yang satu ini biasanya satu server sama jasa fotokopi / print. Nah, kalau anda karyawan pabrik dan pengen buka usaha sampingan bisa memilih yang satu ini. Usahakan untuk memilih tempat yang dekat dengan sekolahan atau kampus pasti laris.

Jasa pengetikan bisa anda tawarkan kepada mereka mahasiswa yang malas, ini merupakan peluang usaha yang bagus buat anda. Selain itu anda bisa menawarkan jasa skripsi jadi, nah kan udah jadi duit lagi.

9. Barbershop

Karyawan pabrik pasti juga banyak duitkan, dari pada uang hanya buat beli aset yang gak guna seperti mobil yang harus cicil 5 juta setiap bulan lebih baik untuk digunakan membuka usaha yang satu ini. Barbershop berbeda dengan tempat cukur biasa, tenaga yang tersedia harus benar-benar ahli dalam membuat model rambut modern pria masa kini.

Jangan dianggap sepele untuk jasa potong rambut modern yang satu ini, sekali layanan saja satu orang bisa sampai 50 ribu loh untuk daerah kecil. Apalagi jika anda berada di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dll.

10. Jual beli dollar Paypal

Pasti ini terdengar asing karena tidak banyak orang yang tahu soal jual beli dollar Paypal. Kebanyak dari mereka penjual dollar paypal biasanya terjun dalam usaha freelancer seperti di Fiverr, Upwork, 99design, yang pada umumnya dibayar melalui Paypal.

Kalau anda belum tahu tentang bisnis sampingan ini anda bisa obok-obok artikel yang ada di dalam situs ini.

Related Articles

Leave a Comment