Home Usaha 10 Usaha yang Lagi Trend di Luar Negeri yang Bisa Dicontoh 2021

10 Usaha yang Lagi Trend di Luar Negeri yang Bisa Dicontoh 2021

by

Kebanyakan orang Indonesia akan mencontoh usaha yang lagi trend di luar negeri khususnya negara maju seperti Amerika, China, Jepang, Korea, dll. Mencontoh usaha orang lain memang tentu buka sebuah hal yang benar, kecuali anda mencontoh dan memodifikasinya sehingga tidak terlihat sama dengan object usaha yang anda lihat.

Membuka usaha pada tahun 2021 merupakan hal yang bijak, sebab tahun tersebut masih akan terdampak oleh Covid-19. Dengan menggunakan modal yang minim 10 jutaan apakah bisa membuka usaha di tengah pandemic?

Tentu saja bisa, ada banyak sekali peluang yang bisa anda coba. Seperti menjual masker, hand sanitizer, dan makanan online. Orang-orang akan mengurangi aktivitas di luar rumah untuk menghindari penularan wabah yang akan semakin menyebar.

Ini adalah peluang baru untuk anda yang memiliki ide dan kreatifitas tinggi, namun jika anda masih bingung ingin membuka usaha yang bagus, melihat sesuatu yang lagi trend di luar negeri juga bisa anda lakukan.

10 Usaha yang Lagi Trend di Luar Negeri yang Bisa Dicontoh

Berikut 10 usaha yang lagi trend di luar negeri:

1. Import/Export Specialist

Exportir atau Importir merupakan salah satu cara untuk anda cepat kaya, membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang bagus untuk usaha di bidang ini. Anda dapat mulai dengan mempelajari dasar-dasarnya dan bisa juga mengikuti sesi pelatih untuk mengerti cara impor / ekspor barang.

Pekerjaan ini membutuhkan keberanian dan modal yang besar, tentu itu saja tidak cukup. Anda harus memiliki jaringan pertemanan yang bagus juga. Mungkin usaha ini membuat orang cepat kaya, tapi memiliki banyak resiko yang tidak cocok untuk pemula.

2. Interior Decorator

Perancang dekorasi rumah juga sedang trend di beberapa tempat di luar negeri seperti Jepang, Korea, dan Amerika. Menjadi seorang decorator membutuhkan pengetahuan khusus, pengalaman, dan bahkan sebuah lisensi. Tidak semerta-merta anda bisa mendekorasi rumah hanya kerana anda mampu, melainkan anda butuh pengalaman juga.

3. Marketing Copywriter

Menjadi copywriter sudah bukan hal yang mengherankan lagi, tujuan dari copywriter adalah untuk membuat sebuah tulisan ajakan agar seseorang tertarik untuk membeli sebuah barang yang anda ulas di dalamnya. Jago menulis adalah kuncinya, kalau anda sudah pandai membuat tulisan yang mengalir dan enak di baca kenapa tidak mencoba menjadi seorang Marketing Copywriter. Dalam satu kali pekerjaan anda bisa mendapatkan ratusan ribu loh, jika memang benar-benar tulisan anda bagus.

4. Perancang Pernikahan

Perancang pernikahan juga sangat diminati oleh banyak orang, resiko tentu saja ada. Bahkan di luar negeri wedding planner harus memiliki lisensi agar mendapatkan izin untuk bekerja. Pekerjaan ini bisa membuat anda cepat kaya, karena di luar negeri orang-orang yang berlisensi akan di bayar mahal. Nah, perlu anda ketahui bahwa untuk perancang pernikahan di Indonesia masih kadang-kadang di dekor sendiri oleh pemiliknya, kalau bukan ya jadi satu ketika sewa terop. Perancang pernikahan itu hampir semuanya mereka yang pegang, mulai dari terop, tata rias, dekorasi, dll.

5. Freelance Graphic Designer

Ingin bekerja bebas dan tanpa harus ada tekanan dari atas, menjadi grafik desainer adalah salah satu cara anda bekerja santai yang bisa anda lakukan dimana saja. Pekerjaan ini sangat menyenangkan, namun tetap saja anda harus memiliki klien agar mendapatkan job. Untuk mendapatkan job anda bisa mengunjungi situs seperti Upwork, Fiverr, dan Freelancer.com.

6. Hair Stylist

Apa sih hairstylist? Masa gak tau pekerjaan ini apaan?

Penata rambut, di Indonesia ada barbershop, salon, dan kang cukur. Nah, kalau di luar negeri hairstylist akan di bayar mahal, jika memang hasil yang didapatkan bagus. Tentu saja anda bisa mencoba usaha ini dengan mendirikan barbershop, tapi akan membutuhkan banyak modal. Kalau mau tanpa modal anda bisa mencoba freelance.

Dan memang pekerjaan ini sangat laris di Korea, karena orang disana kalau style rambutnya tidak kece kurang terlihat trendy lah.

7. Pijat Terapi

Untuk di kota-kota besar memang pekerjaan ini akan sangat laku. Bisnis Spa sangat digemari juga, di beberapa tempat di luar negeri. Khususnya jika anda berada di tempat seperti Bali, Jakarta, Medan, dan kota besar lainnya akan mudah sekali laku. Membuka tempat pijat harus memiliki strategi yang bagus loh, misalnya posisi tempat, desain tempat, dan karyawan yang tepat.

8. Photographer

Meskipun sudah banyak orang yang bekerja sebagai photografer namun pekerjaan ini juga trend di luar negeri. Menjadi photographer di luar negeri umumnya harus memiliki lisensi, kecuali anda pekerja lepas (freelancer). Usaha ini memang cukup sulit untuk di Indonesia, karena sedikit sekali peminatnya, kecuali anda membuka studio foto sendiri. Nah, anda memiliki studio foto sendiri akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan klien.

9. Makanan / Minum Truk

Food truck bahasa inggrisnya, menjual makanan di atas truk sekarang juga banyak dilakukan di luar negeri. Selain food truck anda bisa juga membuka stand gerobak jika tidak memiliki modal yang banyak.

Makanan untuk food truck biasanya berbasis franchise, entah itu makanan atau minuman harga food truck tentu saja membutuhkan modal yang besar. Namun, kalau anda minim modal usaha jasa merupakan pekerjaan yang cocok.

10. Translator

Anda ahli dalam banyak bahasa dan benar-benar menguasainya, cobalah menjadi translator. Meskipun ini bukan bentuk dari sebuah usaha, namun translator dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan. Anda bisa mencari pekerjaan di Upwork, disana tempatnya orang-orang membutuhkan keahlian anda untuk mentranslate sebuah bahasa

Related Articles

Leave a Comment